Siap-siap! Indonesia Bakal Alami Hujan Meteor pada Tanggal Ini

Siap-siap! Indonesia Bakal Alami Hujan Meteor pada Tanggal Ini

Prayogo
2020-03-03 20:25:00
 Siap-siap! Indonesia Bakal Alami Hujan Meteor pada Tanggal Ini
Foto: Pixabay

Observatorium Bosscha mengabarkan puncak fenomena hujan meteor y-Normid (Gamma Normid) akan berlangsung pada 14 Maret 2020. Namun, hujan meteor y-Normid sendiri sebenarnya berlangsung sejak 25 Februari hingga 28 Maret 2020. Staf peneliti Observatorium Bosscha Denny Mandey menuturkan jumlah meteor y-Normid yang terlihat akan lebih banyak pada awal fenomena itu berlangsung.


"Puncak hujan meteor terjadi ketika Bumi masuk ke wilayah dengan jumlah sumber meteor (puing-puing komet atau asteroid) yang lebih tinggi," ujar Denny kepada kepada wartawan, Senin 2 Maret 2020.


Melansir In The Sky, selama periode puncak akan ada peluang untuk melihat meteor Norm-Normid setiap kali titik pancaran di konstelasi Norma berada di atas cakrawala, dengan jumlah meteor yang terlihat semakin tinggi di atas titik radiasi langit.


Hujan meteor muncul ketika Bumi melewati aliran puing yang tertinggal setelah komet dan asteroid. Seiring waktu, potongan-potongan puing seperti pasir di aliran ini mendistribusikan diri sepanjang orbit objek induk di sekitar tata surya.


Denny menyampaikan puncak hujan meteor y-Normid bisa disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia. Berdasarkan publikasi, fenomena itu akan berlangsung pada pukul 21.38 waktu lokal dan tenggara.


"Apakah berbahaya? Tergantung ukuran puing-puing komet atau asteroid yang masuk ke atmosfer Bumi. Kalau berukuran cukup besar dan tidak habis terbakar di atmosfer maka sisanya (meteorit) ketika jatuh di wilayah berpenghuni tentu saja berbahaya," ujarnya.


Share :
Tags : hujan meteor

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30