Kondisi Pasien Terjangkit Virus Corona Baik, Menkes Klaim Boleh Dipulangkan

Kondisi Pasien Terjangkit Virus Corona Baik, Menkes Klaim Boleh Dipulangkan

Dedi Sutiadi
2020-03-02 18:15:00
Kondisi Pasien Terjangkit Virus Corona Baik, Menkes Klaim Boleh Dipulangkan
Menurut keterangan dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto . Foto: Istimewa)

Kedua warga Depok, Jawa Barat yang positif terjangkit virus corona tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.Walau sempat sesak dan deman, namun saat ini kondisi sudah mulai membaik dan bisa dipulangkan. 


Menurut keterangan dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengklaim keduanya dalam kondisi baik. Namun walau bisa dipulangkan, pasien berusi 64 dan 31 tahun itu tetap dirawat di RSPI Sulianti Saroso untuk dilakukan pengecekan.


"Baik banget kondisinya. Sebenernya kalau mau dipulangkan ya bisa, tapi kan saya mesti cek lagi, kita swipe ulang," kata Terawan di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Selasa 2 Maret 2020.


Terawan juga menjelaskan kedua pasien ini terhitung hari ini akan terus dipantau dan dan kedua pasien akan di cek kesehatannya secara menyeluruh. Dia menyebut, ketika sudah dalam perawatan kondisi kedua pasien kemungkinan besar akan sembuh.


"Biasanya setelah lima hari, kami swipe ulang. Biasanya negatif kalau sudah dalam perawatan itu cepat sekali," kata dia.


Terawan menjelaskan, perawatan terhadap kedua pasien itu sama seperti penangangan terhadap pasien yang terjangkit flu. Biasanya, pasien akan diberi vitamin untuk meningkatkan imunitasnya.


"Perawatan seperti orang kena flu, vitamin diberikan, makanan disehatkan, bukan antibiotik karena ini kan bukan karena bakteri. Ini kan kena virus. Imunitasnya dinaikkan sudah pasti sembuh sendiri. Namanya self limited disease," kata Terawan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30