Soal Evakuasi 78 WNI di Jepang, Jokowi: Jepang Belum Merespon

Soal Evakuasi 78 WNI di Jepang, Jokowi: Jepang Belum Merespon

Dedi Sutiadi
2020-02-21 20:30:00
Soal Evakuasi 78 WNI di Jepang, Jokowi: Jepang Belum Merespon
Presiden Joko Widodo (Foto: Istimewa)

Saat ini pemerintah tengah melakukan komunikasi dengan pemerintah Jepang sambil mempertimbangkan secara matang opsi pemulangan. Selanjutnya Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa secepatnya persoalan evakuasi WNI yang ada di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang akan segera diputuskan.

"Saya kira secepatnya karena ini juga masih proses diplomasi di Indonesia dan Jepang. Kita minta ini, minta itu, tetapi di sana masih belum menjawabnya. Kita harapkan segera ada sebuah keputusan sehingga kita bisa langsung menentukan," kata Presiden di sela-sela kunjungan kerja di Riau, Jumat (21 Februari 2020).

Hingga kini pemerintah terus melakukan pemantauan terkait perkembangan kondisi 78 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di kapal pesiar tersebut. Empat di antara jumlah 78 WNI yang ada di kapal tersebut dinyatakan positif terkena virus corona (COVID-19). Sedangkan 74 orang tetap sehat. Keempat WNI tersebut kini sedang dirawat di rumah sakit Jepang.

Pemerintah terkait dengan pemulangan mengatakan masih mempertimbangkan secara matang apakah lewat jalur laut atau udara. Untuk jalur laut, disiapkan KRI Soeharso yang merupakan kapal rumah sakit milik TNI AL. Terkait dengan lokasi observasi, pemerintah juga masih mengkajinya.

"Rumah sakit juga kita siapkan tapi urusan yang berkaitan dengan tempat belum diputuskan, apakah nanti dievakuasi dengan kapal rumah sakit langsung atau evakuasi dengan pesawat," imbuh Jokowi.(OL-4)
 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30