IAAI desak Anies Untuk Batalkan Rencana Gelaran Formula E di Monas

IAAI desak Anies Untuk Batalkan Rencana Gelaran Formula E di Monas

adminweb
2020-02-21 13:00:00
IAAI desak Anies Untuk Batalkan Rencana Gelaran Formula E di Monas
Foto : Instagram

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didesak oleh Perkumpulan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) untuk membatalkan rencana gelaran Formula E di kawasan Cagar Budaya, Monumen Nasional (Monas).

Hal ini disampaikan Ketua IAAI Wiwin Djuwita Ramelan secara tertulis dalam surat pernyataan sikapnya.

"Mendesak agar Komisi Pengarah Situs Cagar Budaya Lapangan Merdeka dan Monumen Nasional membatalkan izin pelaksanaan balap mobil Formula E di dalam area Situs Cagar Budaya," kata Wiwin, Kamis 20 Februari 2020.

Wiwin mengatakan, revitalisasi dan rencana penggunaan Monas jadi lintasan balap Formula E yang dilakukan tanpa melalui prosedur yang sesuai aturan diprotes keras IAAI.

Selain itu dalam Undang Undang nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya dijelaskan bahwa revitalisasi memperhatikan tata ruang, tata letak, fungsi sosial dan lanskap budaya asli. Kemudian penguatan informasi tentang Cagar Budaya dan dilarang mengubah fungsi ruang situs cagar budaya nasional kecuali dengan izin Mendikbud.

"Di Pasal 86 pemanfaatan yang dapat menyebabkan terjadi kerusakan wajib didahului dengan kajian, penelitian, dan atau analisis mengenai dampak lingkungan," kata Wiwin.

Mereka jga meminta semua izin yang telah dikeluarkan untuk ditarik kembali.

Meski sebelumnya sempat menuai perdebatan panjang karena proses pembangunan dilakukan sebelum izin keluar dari Komisi Pengarah, namun saat ini Pemerintah DKI Jakarta telah mengantongi izin untuk merevitalisasi Monas.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30