Belum Nyatakan Korban Virus Corona, Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Belum Nyatakan Korban Virus Corona, Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Dedi Sutiadi
2020-02-11 07:11:09
Belum Nyatakan Korban Virus Corona, Indonesia Jadi Sorotan Dunia
Ilustrasi virus corona. (Gambar: Istimewa)

Wabah virus corna yang menguncang Wuhan China telah menjadikan negara di seuruh dunia berwaspada. Belakang ini Indonesia terus menjadi sorotan dunia internasional karena belum menyatakan adanya kasus positif Virus Corona. Kementerian Kesehatan bahkan mengklaim telah melakukan upaya menyeluruh untuk mendeteksi dan mencegah Virus Corona di Tanah Air.



Bahkan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa belum ada suspect virus corona yang positi, hal itu menyusul kasus-kasus suspect (dugaan) yang akhirnya terbukti negatif Virus Corona. 



Sejumlah 238 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi oleh Pemerintah dari Wuhan pada 2 Februari lalu pun terbukti negatif terkena virus mematikan tersebut. Dari ratusan WNI yang dievakuasi tersebut sekali lagi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI juga kembali menegaskan tak ada satu pun dari mereka yang menunjukkan gejala infeksi Virus Corona.



Walau  Menurut perwakilan WHO di Indonesia, Dr Navaratnasamy Paranietharan, Indonesia telah mengambil "langkah konkret" termasuk penyaringan di perbatasan internasional dan menyiapkan rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani kasus-kasus potensial. "Namun Kementerian diharapkan dapat berbagi lebih banyak informasi dengan publik dalam beberapa hari terakhir."



"Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan di bidang pengawasan dan deteksi kasus aktif (Virus Corona), dan persiapan fasilitas kesehatan yang ditunjuk sepenuhnya untuk mencegah infeksi dan mengedepankan langkah-langkah pengendalian untuk dapat mengatasi beban pasien yang berat dari dugaan atau konfirmasi kasus (dalam hal ini jika terjadi skenario wabah)," katanya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30