Indonesia Rentan 115 Orang Kembali Miskin, Ini Penjelasan Bank Dunia

Indonesia Rentan 115 Orang Kembali Miskin, Ini Penjelasan Bank Dunia

adminweb
2020-01-30 12:25:00
Indonesia Rentan 115 Orang Kembali Miskin, Ini Penjelasan Bank Dunia
Ilustrasi masyarakat yang berhasil keluar dari kemiskinan di Indoensia. Foto: Istimewa

Cukup banyak dari penduduk Indonesia sudah keluar dari jurang kemiskinan. Namun, sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Bank Dunia yang berjudul Aspiring Indonesia-Expanding the Middle Class.


Dalam laporan tersebut, Bank Dunia, menilai masyarakat Indonesia yang sudah keluar dari garis kemiskinan masih rentan untuk kembali miskin.


Salah satu badan PBB tersebut, mencatat selama 15 tahun terakhir, Indonesia telah membuat kemajuan luar biasa dalam mengurangi tingkat kemiskinan yang sekarang berada di bawah 10%. 


Selama periode itu, kata Bank Dunia kelas menengah Indonesia tumbuh dari 7% menjadi 20% dari total penduduk atau sekitar 52 juta orang.


Masyarakat miskin di Indonesia yang baru saja keluar dari garis kemiskinan berjumlah 115 juta orang atau sebanyak 45%.


Untuk menanggulanganginya, Bank Dunia melalui World Bank Acting Country Director untuk Indonesia, Rolande Pryce, merekomendasikan pemerintah untuk mengadopsi kebijakan yang tepat untuk mendorong mereka ke kalangan menengah.


Dia menambahkan, selain merekomendasikan pemerintah untuk merekomendasikan untuk mengadopsi kebijakan yang tepat guna mendorong mereka ke kalangan menengah. Dia juga mengatakan perlunya perbaikan dibeberapa sektor . Seperti pendidikan yang berkualitas, jaminan kesehatan bersifat universal, perbaikan lingkungan usaha dan investasi pada insfrastruktur. 


"Permintaan dari kelas menengah dapat mendorong pertumbuhan. Mereka adalah sumber dari hampir setengah total pengeluaran rumahtangga di Indonesia. Selain itu, mereka juga berinvestasi lebih banyak dalam sumber daya manusia. Dengan kebijakan yang tepat untuk memperluas kelas menengah dapat membuka potensi pembangunan Indonesia dan mendorong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi," kata Rolande Pryce di Energy Building, Jakarta, Kamis (30/1). (Ahmad Mikail Diponegoro)




 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30