Bikin Bulu Kuduk Merinding! Ini Beberapa Mitos Tentang Tali Pocong yang Menyeramkan

Bikin Bulu Kuduk Merinding! Ini Beberapa Mitos Tentang Tali Pocong yang Menyeramkan

Alpandi Pinem
2020-08-27 16:25:59
Bikin Bulu Kuduk Merinding! Ini Beberapa Mitos Tentang Tali Pocong yang Menyeramkan
Ilustrasi Pocong (Istimewa)


Jika mendengar tentang tali pocong, pasti tidak lepas dari mitos yang berbau mistis. Banyak mitos yang mengatakan bahwa tali itu memiliki banyak manfaat. Ada yang percaya dan ada juga yang menganggap bahwa itu hanya mitos belaka.

Meski kebenaran berbagai mitos itu belum terbukti, pencurian tali pocong terhadap jasad-jasad yang baru dikuburkan kerap terjadi di Indonesia.

Berikut ini beberapa mitos tentang tali pocong yang beredar di Masyarakat.


1. Tali pocong tidak dilepas buat mayat tersebut bergentayangan


Mitos ini mungkin sudah kita dengar sejak belasan tahun lalu. Berawal dari melejitnya sinetron ‘Jadi Pocong’ yang pernah tayang di televisi nasional. Cerita tersebut mengisahkan tentang Mumun yang jadi hantu pocong gentayangan karena saat dikebumikan, tali di kepalanya tidak dilepas.

Sebagian besar orang pun percaya dengan mitos tersebut. Orang-orang berpendapat, jika tali pocong tidak dilepas menyebabkan arwah di mayit tidak bisa terlepas juga. Hal itu membuatnya bergentayangan hingga 40 hari di sekitar kampung, meminta tolong kepada warga agar bersedia melepaskan tali pocongnya.

2. Tali pocong bikin kebal bacok


Mitos ini datang dari tanah Jawa. Konon, tali pocong memiliki khasiat membuat orang jadi kebal dari serangan senjata tajam. Menurut salah seorang ahli supranatural Semarang, sejatinya bukan tali pocong tersebut yang membuat seseorang menjadi kebal. Melainkan adanya ilmu sihir yang digunakan.

Sementara itu, tali pocong tersebut hanya salah satu syarat untuk mendapatkan ilmu dari ‘sang guru’.  Para guru sihir biasanya memang meminta para muridnya untuk memenuhi syarat tertentu, termasuk berhubungan dengan mayat atau mencuri atributnya.

Baca Juga : Mimpi Dikejar Pocong Saat Tidur? Ternyata Hal ini yang Akan Kamu Alami

Baca Juga : Seram! Ini Beberapa Fakta Mengerikan Tentang Pocong yang Jarang Diketahui

Baca Juga : Inilah 4 Cara Unik Usir Hantu yang Wajib Kamu Ketahui


3. Pesugihan tali pocong


Hingga zaman modern ini, mitos tentang pesugihan memang masih kerap terdengar. Terlebih, di penjuru negeri masih banyak kalangan yang mengalami himpitan ekonomi. Banyaknya kasus kenaikan harga yang tak diimbangi dengan bertambahnya upah mendorong sebagian orang untuk memilih jalan pintas. Dan pesugihan tali pocong adalah salah satu katanya paling banyak dimanfaatkan.

Konon, pesugihan tali pocong juga tidak membutuhkan tumbal, hanya butuh keberanian untuk menggali makam orang yang baru meninggal beberapa hari dan mengambil seluruh tali pocongnya sebagai syarat. Kasus demikian sempat membuat Banten heboh. Bahkan, ada sebagian masyarakat yang mencoba membongkar makam kerabat demi membuktikan hal tersebut. Benar saja, mayat yang baru beberapa hari dikebumikan sudah kehilangan talinya.

4. Tali pocong Selasa legi


Belum habis mitos tentang pesugihan tali pocong, muncul lagi kepercayaan bahwa mayat yang dimakamkan pada hari Selasa Legi memiliki kekuatan mistik yang kuat. Itulah sebabnya sebagian kerabat yang ditinggal mati pada hari tersebut akan berjaga di kuburan. Tindakan tersebut untuk melindungi jasad si mayit agar tidak diobok-obok oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Tali pocong mayit yang meninggal di hari Selasa Legi sendiri dipercaya bisa digunakan sebagai jimat. Sebelum penjagaan diperketat, telah banyak kasus di mana para pencuri tali pocong meninggalkan kuburan dengan kondisi berantakan.

Baca Juga : Merinding! Kisah Seram Penggali Kubur yang Gendong Kuntilanak Hingga Dihantui Pocong

Baca Juga : Mengerikan! Ini 5 Fakta yang Sangat Mengerikan Terjadi dari Sumpah Pocong

Baca Juga : Seram! Kisah Misteri Gunung Bohong di Cimahi yang Dikabarkan Banyak Dihuni Sosok Pocong dan Jin Mengerikan


5. Koleksi tali pocong yang digunakan sebagai pelet


Perihal kasus tali pocong yang dicuri, itu memang bukan mitos. Tindakan tersebut berulang kali terjadi di penjuru negeri. Bahkan, kesaksian juga diberikan oleh Agus Iswahyudi, seorang mantan pencari ilmu hitam yang mengakui jika ia pernah mengumpulkan hingga 29 tali pocong.

Puluhan helai tali tersebut dirawat dengan memberi sesaji. Ilmu hitam yang dimilikinya memang membuat bahagia, karena koleksi tali pocong tersebut bisa digunakan untuk menggaet banyak cewek. Di sisi lain, ia juga merasa tersiksa. Sebab, Agus merasa selalu dikejar sesuatu yang tidak ia ketahui.

Nyatanya, bukan hanya hantu pocong saja yang sukses meresahkan masyarakat. Tingkah laku manusia yang percaya dengan mitos tali pocong juga sangat merepotkan banyak orang.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24