Dianggap Sebagai Tempat Angker, YouTuber Ini Ungkap Rumah Kanthil Jogja

Dianggap Sebagai Tempat Angker, YouTuber Ini Ungkap Rumah Kanthil Jogja

Alpandi Pinem
2020-07-30 11:56:44
Dianggap Sebagai Tempat Angker, YouTuber Ini Ungkap Rumah Kanthil Jogja
Rumah Kanthil Jogja (Istimewa)


Rumah Kanthil atau sering disebut Omah Kanthil oleh kebanyakan warga Kotagede adalah rumah kosong yang menjadi dikenal oleh masyarakat, wisatawan lokal maupun mancanegara setelah on air dalam acara uji nyali “Dunia Lain” di Trans TV.

Namun, dengan beredarnya pernyataan masyarakat dan rasa penasaran, YouTuber dan sutradara horor Billy Christian saat menelusuri Rumah Kanthil. Demi membuktikan anggapan sebagian kalangan masyarakat terkait Rumah Kanthil tersebut, ia mengajak seorang gadis dengan kemampuan indigo, Tasha Siahaan. Di sana mereka berdua juga ditemani oleh Rudi, pengelola bangunan tersebut.

Saat memasuki ruma tersebut, Youtuber dan gadis indigo itu terlihat mengobrol santai bersama Rudi dalam vlog berjudul "Rumah Kanthil Jogja Angker, Realitanya, IndigoTalk Travel Jogja, Tasha Siahaan Billy Christian", yang diunggah pada pertengahan April lalu.

Setelah mereka melakukan penelusuran ke beberapa, Rumah Kanthil Jogja ternyata sama sekali tidak memiliki unsur horor. Bangunan yang juga menjadi cagar budaya itu digunakan Rudi sebagai rumah penghasil batik.

"Kalau kita searching di internet pasti artikel yang keluar selalu mistis. Bagaimana itu Pak?" tanya Billy.

Baca Juga : Alamak! Tak Disangka Ternyata Gedung Warna-Warni di Bayolali Ini Kamar Mayat

Baca Juga : Seram! Ini 6 Mitos Misteri Kampus UNAIR Surabaya yang Terlihat Hantu Pocong Sampai Rintihan Wanita

Baca Juga : Ngeri! Kisah Seram Rumah Sehat Corona Sukoharjo Sering Dengar Suara Orang Mandi Tengah Malam


"Ya sebenarnya merugikan kita. Image mistis itu membuat rumah ini jadi terlihat seram dan orang datang karena ingin mencari tahu. Kami berusaha mengubah image seram," jawab Rudi.

Pernah dijadikan tempat untuk uji nyali menjadi alasan utama mengapa rumah tersebut masuk ke jajaran bangunan angker di Kota Jogja. Padahal menurut Rudi, rumah itu hanya disewa untuk syuting acara televisi tersebut.

"Kenyataanya rumah ini hanya disewa untuk syuting aja. Karena sudah viral, jadi orang tahu cerita yang tentang mistisnya. Padahal mbah dari istri saya itu memang pengusaha batik," tambah si pengelola rumah.

Mendengar hal itu, Billy menceritakan perasaannya saat berada di Rumah Kanthil Jogja.

"Ketika aku masuk tempat ini, rasanya enak dan adem. Kayak sekarang ini enak banget jauh dari kesan mistis," terangnya, dibalas anggukan kepala oleh Tasha.

"Iya memang kami menghilangkan image itu. Jadi waktu itu rumah ini kosong dan enggak ada yang tinggal. Terus ada tetangga dari stasiun televisi, dia izin untuk syuting uji nyali, jadi kami dari keluarga juga memperbolehkan tanpa tahu efeknya," ungkap Rudi.

Baca Juga : Bikin Merinding! Kisah Penjaga Kamar Mayat Didatangi Sosok Arwah Wanita Sampai Lemari Pendingin

Baca Juga : Merinding! Kisah Seram Sara Wijayanto Ungkap Sosok Penunggu Bioskop Atoom di Jawa Barat

Baca Juga : Merinding! Ini 5 Sekolah Paling Angker Versi Youtuber Cantik Nessie Judge


Billy dan Tasha pun bermaksud untuk membantu Rudi menghilangkan citra mistis Rumah Kanthil Jogja. Mereka berkeliling di bangunan penghasil batik itu untuk membuktikan kepada penonton bahwa tidak ada kesan horor di dalamnya.

Benar saja, saat berkeliling Rumah Kanthil Jogja, Tasha dan Billy hanya menemui alat membuatbatik. Si gadis indigo juga mengaku bahwa tempat tersebut memiliki atmosfer yang enak dan jauh dari kata horor.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30