Webinar Bakti Kominfo Soal Transformasi Digital, Prayogo PH: Web 3 The Next Revolution

Webinar Bakti Kominfo Soal Transformasi Digital, Prayogo PH: Web 3 The Next Revolution

Ajeng Conny Pradestina
2023-04-04 12:31:12
Webinar Bakti Kominfo Soal Transformasi Digital, Prayogo PH: Web 3 The Next Revolution
COO MAJA Labs, Prayogo PH

Bakti Kominfo menyelenggarakan webinar yang membahas topik Transformasi Digital di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, COO MAJA Labs Prayogo PH menjadi salah satu narasumber dan menjelaskan bahwa Web3 adalah the next revolution dari dunia digital.

Baca juga: CMO MAJA Labs Ibnu Adam Ungkap Pengaruh Web3 di Dunia Digital Indonesia dalam Startup Depok Meetup

Seminar Bakti Kominfo


Webinar bertajuk “Seminar Merajut Nusantara” dengan tema Mewujudkan Era Baru Transformasi Digital Nasional digelar oleh Bakti Kominfo pada Selasa, 4 April 2023.

Dimulai pada pukul 10.00 WIB, webinar ini menghadirkan sejumlah narasumber yakni Drs Samsul Widodo, Ma selaku Staff Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemendes, lalu ada Rizki Natakusumah selaku Anggota Komisi I DPR RI serta Prayogo PH yang merupakan COO MAJA Labs.

Webinar ini mengupas tuntas mengenai tantangan dalam implementasi teknologi, talenta, dan proses baru agar tetap dapat bersaing di era teknologi yang selalu berubah.

Percepatan Transformasi Digital dengan Kolaborasi


Menurut Prayogo PH, dalam sebuah tranformasi faktor teknologi menjadi faktor fundamental utama, namun hal itu juga didukung oleh faktor budaya dan masyarakat.

Sementara untuk melakukan percepatan dari transformasi tersebut, Prayogo PH mengungkapkan bahwa salah satu hal yang diperlukan adalah kolaborasi karena memungkinkan terjadinya percepatan, efisiensi, sharing ilmu dan pengetahuan serta penyelesaian masalah akan lebih cepat.

“Kita tuh selalu membuat dan memformulasikan yang namanya Quick Win untuk mempercepat ini tuh gimana caranya, hal yang terpenting adalah kolaborasi. Kolaborasi ini adalah menuju sebuah tujuan dengan langkah bersama,” ungkap Prayogo PH.

Tentunya kolaborasi ini dapat dilakukan oleh sejumlah pihak yakni stake holder atau pemerintahan, pihak swasta, lembaga pendidikan, hingga Organisasi dan UMKM.

WEB 3 Jadi The Next Revolution


Di masa yang akan datang yang tentunya juga telah dimulai dari saat ini, Prayogo mengungkapkan bahwa WEB 3 menjadi the next revolution atau revolusi masa depan. WEB 3 sendiri adalah inovasi internet terbaru yang dibangun menggunakan teknologi blockchain. Teknologi ini memberikan keamanan data, skalabilitas, privasi bagi pengguna, hingga pembelajaran mesin kecerdasan buatan (AI).

Melalui data yang ia paparkan, Prayogo PH menjelaskan bahwa Indonesia menempati posisi tertinggi sebagai market yang berinvestasi di kripto.

“Ternyata di Indonesia kalau kita iris data terkait dengan market dari kripto currency ternyata Indonesia saat ini terbesar. Market dimana orang-orang yang investasi di kripto,” kata Prayogo PH.

Tentunya perkembangan Web3 yang terus menunjukan peningkatan ini akan memberikan pengaruh di sejumlah aspek digital seperti NFT hingga aplikasi pembayaran.

“Ini jadi hal yang penting juga sebagai insight, pengaruh WEB3 pada dunia digital ini yang pertama Indentify Verification, ada juga NFT, Supply Chain Management, ada juga aplikasi pembayaran yang terdesentralisasi, AR dan VR,”

Baca juga: Art Basel Hong Kong, Founder MAJA Labs Adrian Zakhary: Saya Banyak Belajar soal Seni Kelas Dunia

Menutup pemaparannya, Prayogo PH mengutip sebuah quotes dari Founder MAJA Labs Adrian Zakhary dimana digital dan teknologi ini hanya sebuah medium. Kita tetap menjadi manusia yang harus berfikir dan melakukan hal-hal positif melalui medium tersebut.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30