Pembicara di Seminar Nasional IDB Bali, Co Founder MAJA Labs Ibnu Adam: Generasi Muda Harus Siap Mengisi Peluang

Pembicara di Seminar Nasional IDB Bali, Co Founder MAJA Labs Ibnu Adam: Generasi Muda Harus Siap Mengisi Peluang

Ajeng Conny Pradestina
2023-03-16 19:03:01
Pembicara di Seminar Nasional IDB Bali, Co Founder MAJA Labs Ibnu Adam: Generasi Muda Harus Siap Mengisi Peluang
Co founder MAJA Labs Muhammad Ibnu Adam di Seminar Nasional Tahunan SENADA 2023 di IDB Bali (foto: Istimewa)

Institut Desain & Bisnis Bali menggelar Seminar Nasional Tahunan SENADA 2023 yang mengusung tema “Desain, Manajemen, dan Teknologi sebagai Strategi Pengembangan Inovasi dalam Penguatan Identitas dan Industri Kreatif".

Seminat tersebut telah diselenggarakan di Aula Kampus NMC, IDB Bali pada Kamis, 16 Maret 2023 mulai pukul 08.00 WITA. Co Founder MAJA Labs, Muhammad Ibnu Adam turut hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut.

Baca juga: Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Apresiasi Pameran Rumination of The Self: Wadah bagi Para Seniman Muda

Seminar Nasional Tahunan SENADA 2023


Dalam seminar nasional tahunan SENADA 2023, IDB Bali menghadirkan sejumlah pembicara ahli di bidangnya. Mereka ialah Prof. Dr. Ida Bagus Raka Suardana, SE., MM (Universitas Pendidikan Nasional), Drs. Rohadi, M.Sn., HDII (Seokalah Tinggi Desain Interstudi), Muhammad Ibnu Adam, A.Md., S.I.Kom., M.Si (MAJA Labs), Dr. Ramanda Dimas Surya Dinata,S.Sn., M.Sn., ACP (Institut Desain & Bisnis Bali), dan Freddy Hendrawan, S.T., M.T., Ph.D (Moderator, Institut Desain & Bisnis Bali).

Generasi Muda Penting untuk Memiliki Kemampuan Digital


Dalam seminar tersebut, CO Founder MAJA Labs Ibnu Adam menegaskan bagaimana teknologi digital saat ini terus mengalami perkembangan yang pesat. Sebagai generasi muda, mahasiswa perlu memiliki kemampuan digital untuk menjadi modal berkontribusi dalam kemajuan bangsa.

"Di era teknologi digital yang saat ini sedang dan terus berkmbang, rasanya memiliki kemampuan dalam bidang digital adalah sebuah keniscayaan. Kampus atau ruang-ruang akademis sebisa mungkin bisa melahirkan talenta muda yang siap memiliki kemampuan digital yang cukup baik. Ini penting untuk pertumbuhan digital talent di Indonesia yang nantinya bakal banyak berkontribusi untuk memajukan bangsa," kata CO-Founder MAJA Labs Ibnu Adam Kamis 16 aret 2023. 

Tak hanya itu, Adam juga mengimbau untuk mahasiswa agar siap mengisi peluang. Kesempatan sering datang namun tidak diimbangi dengan kesiapan mengisi kesempatan atau peluang tersebut.

"Generasi muda harus membuka dan mengisi peluang. Menyiapkan diri untuk menyambut peluang tersebut. Tentunya bagi mahasiswa khususnya mahasiswa IDB, dunia digital bukanlah sesuatu yang baru. Tapi pastikan kita siap dan memiliki kemampuan menghadapinya," tambah Adam. 

MAJA Labs adalah Web 3.0 Enabler di Indonesia


Pada kesempatan itu, Adam juga menjelaskan bahwa MAJA Labs adalah Web 3.0 enabler di Indonesia. Oleh karena itu, MAJA Labs terus berkomitmen aktif dalam menghidupkan ekosistem Web3, menghubungan komunitas, kreator, hingga investor.

"MAJA Labs is the first web 3.0 enabler di Indonesia. MAJA Labs ini kita membuat Web3 yang melibatkan semua orang, ada kreator, ada komunitas, ada developer, ada bisnis, ada investor yang disebut sebagai ekosistem di dalam Web3," kata Adam.

Teknologi Digital Berpotensi Besar Salah Satunya Digital Fashion


Sebagai salah satu tokoh yang berkecimpung lama di dunia digital, Adam menyebutkan bahwa potensi teknologi digital ini sangatlah besar tergantung bagaimana kita memanfaatkannya.

"Kalo kita ngomongin industri ini besar banget potensinya di Indonesia. Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan tradisi bisa menjadi inspirasi dalam berkarya di berbagai bidang. Di bidang desain misalnya bisa angkat tema-tema nusantara atau yang khas budaya Indonesia," ucap Adam.

Selain itu, Adam juga menyebutkan peluang lainnya dari dunia desain yakni digital fashion. Dengan misi mengurangi limbah produk fashion, MAJA Labs menjadi salah satu yang sangat concern dalam perkembangan digital fashion.

Baca juga: Indodax Buka Kantor Kedua di Bali, CEO MAJA Labs Adrian Zakhary: Apresiasi Pengembangan Pasar Kripto dan Blockchain

MAJA Labs juga memiliki sebuah platform digital fashion yang bernama Drezzo. Platform tersebut pertama kali diperkenalkan pada gelaran Bali Digital Fashion Week 2022 yang dihadirkan MAJA Labs pada 10-16 Desember 2022.

"Industri kreatif saat ini berkembang sangat pesat. Kita harus buat inovasi agar mampu bersaing. Salah satu celah yang bisa ditekuni oleh kita saat ini adalah digital fashion. Peluang digital fashion berkembang itu besar sekali, sekarang bahkan pekan mode dunia sudah terus menyelenggatakan digital fashion week. MAJA labs sendiri juga pernah menggelar Bali Digital Fashion Week sebagai yang pertama di Indonesia," beber Adam.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30