Inilah Manfaat Konsumsi Natto, Makanan Khas Jepang yang Viral di TikTok

Inilah Manfaat Konsumsi Natto, Makanan Khas Jepang yang Viral di TikTok

Andrico Rafly Fadjarianto
2022-07-22 08:43:49
Inilah Manfaat Konsumsi Natto, Makanan Khas Jepang yang Viral di TikTok
Manfaat Konsumsi Natto (Foto: Istimewa)

Ternyata ini manfaat konsumsi Natto, makanan khas Jepang yang sedang viral di TikTok.

Baru-baru ini sedang viral di TikTok makanan Natto. Natto adalah makanan khas Jepang yang berisikan fermentasi kacang kedelai.

Dengan melakukan teknik fermentasi, membuat teksur Natto menjadi lengket dan menimbulkan bau tidak sedap. Banyak orang Jepang yang menyukainya, namun ada pula yang tidak.

Baca Juga: Fakta-fakta Khasiat Air Kelapa Disebut Sembuhkan Covid-19, Dokter Spesialis Gizi: Belum Ada Penelitiannya

Ternyata, Natto ini memiliki manfaatnya jika dikonsumsi. Dan berikut adalah daftar manfaat konsumsi Natto, makanan khas Jepang yang viral di TikTok.

1. Lancarkan Pencernaan


Natto memiliki kandungan probiotik yang baik untuk usus. Hal ini diperkuat setelah dilakukannya sebuah studi, yang mana ditemukan bahwa rerdapat bakteri baik di Natto yang bisa melancarkan pencernaan.

Bakteri tersebut adalah Bacillus Subtilis yang bisa mengobati peradangan mukosa di usus besar. Selain itu, fermentasi pada natto bisa mengurangi kadar antinutrisi.

Antinutrisi adalah senyawa yang berperan menghalangi penyerapan nutrisi tertentu, yang dapat pencernaan terganggu.

2. Menguatkan Tulang

Natto mengandung vitamin K2 dalam jumlah yang tinggi, yang dapat menguatkan tulang. Hal ini diperkuat dengan sebuah studi yang dilakukan pada wanita premenopause, menunjukkan bahwa asupan natto dapat meningkatkan pembentukan tulang. 

Selain itu, makan Natto bagi wanita pasca menopause bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Tingkatkan Imunitas

Masih dari bakteri Bacillus Subtilis pada natto, selain melancarkan pencernaan, bakteri tersebut juga bisa merangsang sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari penyakit.

4. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Natto mengandung nattokinase, senyawa yang terkonsentrasi di bagian yang lengket dan berserabut. Senyawa ini bagus untuk mengurangi pembekuan darah.

Selain itu, nattokinase juga memiliki efek anti-koagulan, anti-aterosklerotik, dan neuroprotektif. Tiga efek tersebut berkontribusi pada kesehatan jantung.

Nattokinase telah diidentifikasi sebagai salah satu senyawa langka. Beberapa penelitian di Jepang menemukan bahwa makan natto bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Turunkan Berat Badan


Bagi yang sedang diet, mengonsumsi Natto sangat cocok untuk dilakukan. Hal ini karena Natto memiliki kandungan Natto Probiotik, yang bisa menurunkan berat badan.

Asupan probiotik juga dapat mengubah komposisi mikroba usus. Hal ini meningkatkan metabolisme energi dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Membuat Otak Lebih Sehat

Makan natto juga bisa meningkatkan kesehatan otak. Beberapa penelitian pada hewan menyatakan adanya efek neuroprotektif dari produk kedelai yang difermentasi, salah satunya Natto. Makanan fermentasi tersebut meningkatkan mikroba usus yang berdampak langsung pada fungsi kognitif.

7. Kurangi Risiko Kanker


Kacang kedelai mengandung isoflavon yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti gastrointestinal, prostat, dan kanker payudara. Kandungan vitamin K2 jua dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati.

Dalam sebuah penelitian, Natto ditemukan memiliki efek antikarsinogenik, yang dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat kanker perut.

Baca Juga: 5 Minuman Khas Imlek yang Segar dan Berkhasiat

Itulah, manfaat konsumsi Natto, makanan khas Jepang yang sedang viral di TikTok.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30