Sosok dan Fakta Lengkap Kartika Siti Aminah Pelatih Wanita Pertama di IBL, Berhasil Kalahkan Rans United

Sosok dan Fakta Lengkap Kartika Siti Aminah Pelatih Wanita Pertama di IBL, Berhasil Kalahkan Rans United

Dedi Sutiadi
2022-02-03 13:40:45
Sosok dan Fakta Lengkap Kartika Siti Aminah Pelatih Wanita Pertama di IBL, Berhasil Kalahkan Rans United
Siti Aminah Pelatih (Foto: Instagram)

Berikut ini sosok dan fakta lengkap Kartika Siti Aminah yang mendadak jadi perhatian publik karena jadi wanita pertama yang berperan sebagai pelatih di IBL. Walau debut pertama tidak mulus, namun di pertandingan kedua, tim asuhan Kartika Siti Aminah, Bima Perkasa berhasil memang melawan tim basket milik Raffi Ahmad, RANS PIK Basketball. 

Baca juga: Profil dan Biodata Mega Iskanti: Umur, Instagram, Agama, Selebgram Sekaligus Hijabers Asal Kota Kembang  

Sosok Kartika Siti Aminah 


Kartika Siti Aminah lebih dikenal publik khususnya penggemar basket Indonesia dengan panggilan coach Ika. Kartika Siti Aminah merupakan pelatih wanita pertama di Indonesian Basketball League (IBL), liga basket profesional Tanah Air. Kartika Siti Aminah catatkan sejarah sebagai wanita pertama yang menjadi pelatih kepala sebuah tim basket profesional, Bima Perkasa di musim 2022. 

Bermain Basket Sejak Kecil

Ternyata ada alasan kuat kenapa pemilik tim berikan kepercayaan kepada Kartika Siti Aminah sebagai pelatih kepala tim basket Bima Perkasa. Ternyata Coach Ika telah mahir bermain basket sejak kecil. Dirinya juga merupakan pemain basket wanita profesional di Rajawali Sakti. Setelah pensiun sebagai pemain basket profesional dirinya mulai mengawali karir sebagai pelatih.  

"Saya sebenarnya bermain basket sudah sejak kecil. Saya menjadi pemain sampai di level Kobanita bersama Rajawali Sakti. Setelah saya pensiun pada sekitar 2008, saya baru memulai karier sebagai kepelatihan. Saya memulai karir menjadi pelatih di DBL," ujar Kartika Siti Aminah Selasa 1 Februari 2022. 

Pelatih Wanita Pertama di IBL 


Sebelum dipercaya melatih tim basket Bima Perkasa, Kartika Siti Aminah telah melatih berbagai klub mulai dari tingkat SMA. Bahkan dirinya pernah membawa tim basket wanita Surabaya Fever menjuarai Liga Basket Putri Nasional (WNBL) tahun 2012. 

"Saya mulainya melatih SMA Frateran Surabaya. Setelahnya baru saya melanglang buana. Setelah Frateran, saya mendapat kesempatan melatih Universitas Airlangga, untuk tim putrinya. Kemudian ke Fever selama tiga musim, PON Jawa Timur putri, dan lalu Universitas Gadjah Mada (UGM), baru musim lalu saya akhirnya merapat ke Bima Perkasa," kisahnya.  

Berhasil Kalahkan Rans United 

Debut pertama Kartika Siti Aminah sebagai pelatih kepala di Bima Perkasa tidak begitu baik. Tim asuhannya kalah saat melawan Prawira Bandung dengan skor 53-75. Namun pada laga selanjutnya melawan klub basket milik Raffi Ahmad RANS PIK Basketball, Bima Perkasa berhasil menang dengan skor 57-53. Tentu ini penting bagi tim dan juga Kartika Siti Aminah untuk semakin percaya diri dalam kondisi yang terbilang cukup sulit. 

Baca juga: Profil dan Biodata Devi Nuraisyah: Umur, Instagram, Driver Cantik, Sopir Truk Wanita Asal Wonogiri 

Rasanya Menjadi Pelatih Kepala di IBL 


Kartika Siti Aminah merasa walau dirinya adalah seorang pelatih kepala namun dirinya tidak mau merasa sebagai seorang leader. Dirinya mengaku lebih suka berperan ibarat seorang koki yang meramu bahan-bahan dalam hal ini strategi permainan. 

"As a moslem, di agama yang saya anut ini, perempuan memang tidak boleh menjadi leader. Jadi, saya menganggap diri saya di Bima Perkasa bukan sebagai leader, melainkan sebagai chef. Para pemain ini adalah ingredients saya,' ucap Kartika Siti Aminah.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24