7 Hal yang Dilarang Dilakukan Saat Imlek Agar Terhindar dari Sial

7 Hal yang Dilarang Dilakukan Saat Imlek Agar Terhindar dari Sial

Ajeng Conny Pradestina
2022-02-01 11:16:02
7 Hal yang Dilarang Dilakukan Saat Imlek Agar Terhindar dari Sial
Ilustrasi Perayaan Imlek (sumber foto: Int)

Perayaan hari raya Imlek jatuh pada tanggal 1 Februari 2022. Banyak hal dipersiapkan mulai dari menghias rumah dengan nuansa merah hingga menyiapkan makanan khas Imlek untuk meramaikan suasana.

Namun ada beberapa hal yang justru dilarang dilakukan saat Imlek. Dilansir dari Chinese New Year, ada 7 pantangan yang harus dihindari saat perayaan Imlek. Bila melanggar, kabarnya nasib sial selama setahun ke depan akan sering datang.


Memecahkan Cermin

Menurut beberapa kepercayaan memecahkan cermin dapat memutus tali rezeki walaupun seacara sengaja ataupun tidak. Maka saat momen Imlek perlu berhati-hati dengan cermin atau benda yang berbahan kaca.

Baca jugaMeriahkan Perayaan Imlek 2022, Instagram Rilis Filter dan Sticker Khusus

Bicara Negatif

Hindari berbicara negatif saat momen Imlek termasuk mengenai topik kematian, putus cinta, kemiskinan, perceraian, penyakit dan pembunuhan. Menurut budaya Tionghoa, bicara negatif ketika Imlek dapat mendatangkan sial.

Menggunakan Gunting dan Pisau

Menggunakan gunting dan pisau ketika Imlek diyakini dapat memutus rezeki dan kesuksesan. Itulah kenapa saat Imlek banyak orang Tionghoa yang menutup salon.


Minum Obat

Minum obat di hari pertama Imlek diyakini malah bikin sakit selama setahun. Namun, diperbolehkan jika menggunakan kompres air hangat dan istirahat untuk mengusir demam.

Baca juga: https://correcto.id/beranda/read/54895/ini-link-download-twibbon-bingkai-imlek-2022-tanpa-aplikasi-cocok-untuk-profil-sosmed-kamu

Datang ke Rumah Mertua

Datang ke rumah mertua bersama pasangan di hari pertama Imlek tidak boleh dilakukan karena dianggap “memulangkan” pasangan. Disarankan untuk menunggu hingga hari kedua bila ingin mendatangi rumah mertua.

Memberi Selamat ke Orang yang Tidur

Pada hari Imlek, disarankan untuk saling mengucapkan selamat antar anggota keluarga dan sahabat dekat. Namun, jangan mengucapkan selamat ketika orang lain sedang tidur.

Posisi rebahan diartikan sebagai keadaan “mati” dalam budaya Tionghoa. Jadi, hal tersebut dianggap percuma mengucapkan selamat pada orang yang sedang tidur.


Menangis

Dalam momen Imlek, hanya anak kecil yang diperbolehkan menangis ketika Imlek. Orang dewasa tidak boleh meratap dan menangis karena bisa menghilangkan rasa damai dan bahagia saat Imlek. 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30