Fakta Lengkap Kecelakaan Maut Balikpapan, Truk Kontainer Blong Tabrak Belasan Pengendara hingga Tewas

Fakta Lengkap Kecelakaan Maut Balikpapan, Truk Kontainer Blong Tabrak Belasan Pengendara hingga Tewas

Dedi Sutiadi
2022-01-21 16:28:13
Fakta Lengkap Kecelakaan Maut Balikpapan, Truk Kontainer Blong Tabrak Belasan Pengendara hingga Tewas
Truk kontainer merah penyebab kecelakaan maut di Balikpapan (Foto: Antara)

Berikut ini fakta lengkap kecelakaan maut truk kontainer yang terjadi di Balikpapan. Truk diduga alami rem blong dan tabrak belasan pengendara hingga tewas. 

Kecelakaan maut yang disebabkan rem blong truk kontainer terjadi di di simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat pagi 21 Januari 2022. Sopir truk telah diamankan polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut.   

Baca juga: Ardhito Pramono Tulis 3 Lagu Selama dalam Tahanan Kasus Narkoba

Truk Diduga Alami Rem Blong 


Menurut keterangan polisi penyebab kecelakaan maut diduga karena truk kontainer alami rem blong. Sehingga saat melaju di jalan yang cukup padat pengendara tidak bisa hindari tabrakan dengan sejumlah motor dan mobil yang sedang berhenti di lampu merah. 

"Ada sebuah truk kontainer yang kami terima sementara informasinya mengalami rem blong. Kemudian, kendaraan yang berhenti di lampu merah, akhirnya tertabrak," ungkap Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Timur Kombes Sonny Irawan seperti dikutip Jumat 21 Januari 2022. 

Sopir Truk Kontainer Langgar Aturan 


Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Yusuf Sutejo menjelaskan bahwa kecelakaan juga disebabkan kenakalan sopir truk kontainer yang langgar 2 aturan. Ali (48) sopir truk maut langgar aturan Perwali yang larang truk melintas di lokasi pada jam kerja atau jam sibuk. 

"Ini dasarnya sopirnya saja yang bandel, yang melanggar (aturan). Sudah ada peraturan Wali Kota, dasar (aturannya) truk angkutan besar itu hanya hanya diizinkan malam hari. Jadi pukul 06.00 Wita hingga 00.00 Wita itu tidak boleh melintas di situ," terang Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Yusuf Sutejo Jumat 21 Januari 2022. 

"(Pelanggarannya) dia nggak boleh lewat, yang pertama. Yang kedua, teknis layak jalan (truk) dia belum cek betul apakah rem kendaraannya blong apa tidak," sambungnya. 

Kronologi Kecelakaan Maut Balikpapan


Kejadian kecelakan maut di balikpapan terjadi bermula saat truk kontainer bermuatan 20 ton kapur pembersih air melaju ke lampu merah Muara Rapak. Truk mengalami masalah pada sistem pengereman saat melintas di km 0,5 di depan Rajawali Foto. 

dalam sebuah video yang tersebar, terlihat truk awalnya telah berusaha menghindari tabrakan dengan kendaraan yang ada di depannya. Namun hal tersebut justru berakibat fatal, membuat truk kehilangan kendali dan akhirnya menabrak belasan mobil dan pengendara motor yang sedang berhenti di lampu merah. 

Baca juga: Adele Sedih Harus Tunda Konser di Las Vegas Pasca Setengah Kru Positif Covid-19  

Korban Tewas 4 Orang 


Akibat dari kecelakaan tersebut dikabarkan bahwa korban tewas berjumlah 4 orang, sementara itu 1 orang alami kritis dan sedang dirawat, dan belasan orang dirawat karena alami luka ringan. 

"Meninggal dunia empat orang. "Kritis 1 orang, luka berat 4 orang, luka ringan 17 orang," demikian keterangan yang diterima correcto dari data yang disampaikan Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Yusuf Sutejo. 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30