Sosok dan Kisah Alegra Wolter, Dokter Cantik Transpuan Pertama Indonesia Alami Dysphoria Gender Sejak Kecil

Sosok dan Kisah Alegra Wolter, Dokter Cantik Transpuan Pertama Indonesia Alami Dysphoria Gender Sejak Kecil

Ajeng Conny Pradestina
2022-01-14 14:10:23
Sosok dan Kisah Alegra Wolter, Dokter Cantik Transpuan Pertama Indonesia Alami Dysphoria Gender Sejak Kecil
ALegra Wolter (sumber foto: diolah dari instagram @alegrawolter)

Inilah sosok Alegra Wolter, dokter cantik transpuan pertama di Indonesia. Nama Alegra mungkin belum banyak dikenal, namun ia bukanlah sosok yang asing di dunia kesehatan seksual, kesehatan jiwa, khususnya di komunitas LGBT di Indonesia. Alegra Wolter mengatakan bahwa ia mungkin adalah dokter transpuan pertama di Indonesia yang terbuka dengan identitas gendernya.

Alegra Alami Dysphoria Gender


Dokter cantik ini menceritakan kisahnya sewaktu kecil, ia memang terlahir sebagai seorang laki-laki. Hingga suatu hari Alegra berlibur dengan keluarganya ke Bali, di sebuah taman ia melihat ada bunga-bunga dan mendapati dirinya sangat menyukai bunga dan memiliki pembawaan yang feminin. Alegra merasa ia berbeda. Hingga akhirnya saat tumbuh dewasa ia mengerti bahwa ia mengalami Dysphoria Gender.

Dysphoria Gender adalah perasaan dimana identitas gender dirasa tidak sesuai dengan kelamin yang ditetapkan ketika lahir. Hal tersebut membuatnya merasakan ketidaknyamanan luar bisa dalam waktu yang lama.

Baca jugaProfil dan Biodata Uci Flowdea: Umur, Agama, Crazy Rich Miliki 100 Hermes dari Surabaya

Alegra Pernah Disuntik Hormon Testosteron


Perbedaan yang ia rasakan serta sifat femininnya membuat Alegra mendapat olokan dari temna. Alegra pernah mengalami depresi, kejang absans dan akhirnya dibawa ke psikolog oleh keluarganya. Usaha tersebut tidak efektif hingga suatu hari ia dibawa ke dokter dan disuntukan hormon testosteron.

Pengalaman tersebut membuatnya lebih depresi, ia tetap merasa identitas dirinya adalah perempuan tapi malah diberi hormon yang memaskulinisasi.

Bercita-cita Menjadi Dokter


Dengan pengalaman yang banyak membuatnya trauma, Alegra memiliki cita-cita menjadi dokter. Ia yakin dengan menjadi dokter ia dapat membantu banyak orang.

Baca juga: Profil dan Biodata Vinskhaa: Umur, Instagram, Viral Mirip Han So Hee

Menempuh Kuliah di Universitas Katolik Atma Jaya


Alegra atau yang akrab disapa Ale, menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Atmajaya sejak tahun 2018 dan lulus tahun 2018. Saat kuliah ia memutuskan untuk bertransisi agar dapat menjadi dirinya sendiri.

Akhirnya, di momen wisudanya Alegra dapat menggunakan kebaya dan merasa bahwa inilah dirinya yang sebenarnya di depan banyak orang.

Dokter dan Relawan


Sejak tahun 2018, Alegra telah aktif dalam beberapa organisasi yang berfokus pada hak LGBT dan kesehatan terutama dalam isu HIV, termasuk Suara Kita, GWL-INA, Sanggar Swara. Ditahun 2018 sampai 2019 silam, ia tercatat sebagai co-facilitator dan peneliti di PUI-PT PPH Pusat Unggulan Kebijakan Kesehatan dan Inovasi Sosial, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Saat ini, Ale bekerja sebagai Partnership Manager di Docquity Indonesia dan berpraktik paruh waktu sebagai dokter umum di Klinik Angsamerah. Selain itu, ia juga masih aktif terlibat sebagai Board Advisor dalam organisasi Suara Kita.

Memperjuangkan Sistem Kesehatan di Indonesia


Sebagai seorang transpuan di dunia medis, dokter Alegra Wolter ingin berusaha memperjuangkan sistem kesehatan di Indonesia agar lebih inklusif. Denga harapan kedepannya transgender bisa merasa lebih nyaman mengakses layanan kesehatan tanpa khawatir dihakimi.

Alegra mengatakan, perlu ada intervensi kebijakan untuk menciptakan layanan yang inklusif itu, yang bisa dimulai dengan melepaskan stigma buruk terhadap transgender.

 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24