Adrian Zakhary Jadi Keynote Speaker Wisuda UMN, Sebut Masa Depan ada di Metaverse

Adrian Zakhary Jadi Keynote Speaker Wisuda UMN, Sebut Masa Depan ada di Metaverse

Dedi Sutiadi
2021-12-18 19:37:47
Adrian Zakhary Jadi Keynote Speaker Wisuda UMN, Sebut Masa Depan ada di Metaverse
Pengamat Digital Adrian Zakhary

Universitas Multimedia Nusantara menggelar acara Wisuda XXI secara daring. Komisaris milenial PTPT VIII Adrian Zakhary hadir sebagai keynote speaker dalam wisuda tersebut yang digelar pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Dengan mengangkat tema "A Game Changer, Tantangan dan Peluang Pasca Pandemi Covid-19", Adrian memberikan perspektif baru bahwa kondisi yang terjadi kini adalah sejarah. Hal itu terbukti dari sejarah pandemi dari tahun ke tahun yang selalu memberikan perubahan, tantangan dan peluang baru.

Baca juga: Merah Putih Fund Dorong Kebangkitan Startup Lokal, Adrian Zakhary: Lahirkan The Next Unicorn dan Decacorn


"Covid-19 ini bukan sesuatu baru terjadi, krisis dunia sudah sejak lama dan mulai tahun 2020 sampai tahun ini kita menghadapi pandemi covid-19." ucap pengmat Digital Adrian Zakhary Sabtu 18 Desember 2021  

Adrian pun menjelaskan, perubahan adalah sesuatu yang tadinya biasa-biasa saja, tiba-tiba harus menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan semua hal yang terjadi.

"Ketika pandemi sudah berakhir, ketika inovasi-inovasi sudah dilakukan, dan ketika itu kita baru mau berpartisipasi, di saat itu juga kita sudah telat, orang sudah melakukan sementara kita belum. Artinya ketika ada inovasi apa pun, ketika ada perubahan apa pun, kita harus pelajari bagaimana kita bisa menerapkannya." ungkap Adrian


Dalam aplikasinya, Adrian memberi contoh terhadap fenomena crypto dan metaverse. Bahwa ada orang yang membeli crypto dengan 300 juta, lalu mendapat untung 112 miliar. Inilah yang menjadi bukti bahwa percepatan terjadi di tengah pandemi. Bahkan saat ini, telah ada 7 juta investor crypto dengan didominasi anak muda.

Baca juga: Speaker di Wisuda UMN ke-21, Adrian Zakhary Sampaikan Visi Meta-Verse Jokowi dan Erick Thohir

"Ini adalah sesuatu yang baru. Sekarang ada lulusan arsitektur yang saat ini mau tidak mau masih memandang segala sesuatu secara konvensional, tapi di masa depan kita akan hidup di sebuah tempat di mana arsitekturnya itu adalah metaverse tadi kita sebutnya" pungkas Adrian Zakhary.



Menurut Adrian metaverse akan menjadi dunia baru yang pola-polanya sudah mula ada terbentuk saat wabah covid-19 saat ini. Metaverse akan menjadi dunia baru generasi muda saat ini di mana transaksi dan interaksi akan terjadi tidak hanya dalam dunia nyata tapi juga dalam dunia maya, atau disebut beyond reality.  

Pada wisuda ini, UMN meluluskan 913 wisudawan wisudawati yang terdiri dari 134 wisudawan fakultas Teknik dan Informatika, 137 wisudawan fakultas Bisnis, 268 wisudawan Fakultas Komunikasi, dan 374 wisudawan Fakultas Seni dan Desain.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30