Profil dan Biodata Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Menantu Luhut: Agama, Umur, Calon Pangkostrad

Profil dan Biodata Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Menantu Luhut: Agama, Umur, Calon Pangkostrad

Foto
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak (Sumber Foto: Int)

Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjutak yang diketahui juga sebagai menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan digadang-gadang menjadi Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) setelaj Letjen Dudung Abdurachman dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Penasaran dengan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak ? Berikut profil dan biodata Mayjen yang telah dirangkum Correcto.id.

Menantu Luhut Binsar Pandjaitan


Mayjen Maruli Simanjutak juga diketahui sebagai menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Dia merupakan suami dari Paulina Pandjaitan yang diketahui sebagai putri pertama dari Luhut Binsar Pandjaitan.

Dari pernikahan tersebut, mereka memiliki dua orang anak, salah satunya Faye Simanjuntak. Bahkan nama Faye baru-baru ini viral lantaran masuk dalam Forbes Indonesia 30 Under 30 dalam bidang Social Entrepreneur and Philanthropy. Ia merupakan pendiri Rumah Faye untuk melindungi anak dari perdagangan manusia.

Pernah Menjabat Komandan Grup A Paspampres


Mayjen Maruli pernah menjabat sebagai Komandan grup A yang bertugas mengawal Presiden Jokowi pada tahun 2014-2016. Maruli bertugas selama 1,4 tahun di pengawalan dan pengamanan Presiden dan keluarga Presiden.

Baca Juga: Sosok dan Fakta Jenderal Andika Perkasa: Panglima TNI, Agama, Karir, Kekayaan

Pernah Menjabat Danrem 074/Warastratama


Mayjen Maruli adalah lulusan Akademi Militer 1992 berpengalaman dalam Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra. sejak 5 Februari 2016 sampai dengan 25 April 2017 mengemban amanat sebagai Danrem 074/Warastratama.

Saat masih menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta, Maruli pernah terpilih sebagai Danrem terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional tahun 2016.

Pernah Menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres)


Setelaj menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama, menantu dari Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres).

Kemudian Maruli Simanjuntak menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Dengan promosi sebagai Danpaspampres, Maruli naik pangkat menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) dengan dua bintang di pundaknya. Mutasi jabatan ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018 yang ditandatangani Hadi pada Kamis 29 November 2018.

Baca Juga: Profil dan Biodata Letjen Dudung Abdurachman, Calon KSAD Jika Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Menjadi Supir Jokowi Saat Blusukan


Mayjen Maruli Simanjuntak mengaku turun langsung mengawal Presiden Jokowi saat blusukan ke Tambak Lorok, Semarang. "Saya pengamannya sekalian nyupir. Nggak mungkin saya lepas juga lah," ujar Maruli saat berbincang dengan merdeka.com melalui sambungan telepon, Selasa (19/2) malam.

Mantan Komandan Denpur Cakra ini menegaskan, dirinya tak berjarak dengan Jokowi selama di Tambak Lorok. Menurut pengakuannya, warga tidak ada yang mengenalinya sebagai Komandan Paspampres.

"Itulah trik kita," katanya.

Bahkan Jokowi mengaku pernah melakukan blusukan tanpa didampingi pejabat pada larut malam untuk bertemu dengan nelayan di Tambak Lorok. Jokowi menyebut saat itu hanya datang bersama seorang sopir. 

"Bahkan ke kampung nelayan jam 12 malam, tengah malam, saya berdua saja ke sana untuk memastikan bagaimana kondisi nelayan," kata Jokowi. 

Kekayaan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak 


Maruli Simanjutak diketahui memiliki total harta kekayaan mencapai RP51,6 miliar seperti dilaporkan pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaran negara (LHKPN. Hal ini berdasarkan laman elhkpn.kpk pada 18 November 2021.

Calon Pangkostrad


Mayjen Maruli Simanjuntak jadi kandidat paling kuat sebagai Pangkostrad, hal itu karena dia menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Selain itu, ia juga pernah menjadi Komandan Paspampres yang membuatnya dekat dengan lingkaran Istana.

Baca Juga: Ini Daftar 13 Brevet Militer Milik Jenderal Andika Perkasa, Dari Kopassus Hingga Wing Penerbang

Biodata Mayjen Maruli Simanjutak


Nama:

Maruli Simanjutak

Tempat lahir:

 Bandung, Jawa Barat

Tanggal lahir:

24 Februari 1970

Umur:
51 tahun

Istri:

Paulina Pandjaitan

Anak:

 Faye Hasian Simanjutak dan seorang anak laki-laki

Agama: 

Belum Diketahui
Keahlian: 
Judo
Instagram:
@maruli.simanjutak92
Riwayat Jabatan:

- Komandan Denpur Cakra (2002)

- Pabandya Ops Mako Kopassus (2005-2008)

- Danyon 21 Grup 2 Kopassus (2008-2009)

- Dan Sekolah Komando Pusdik Passus (2009-2010)

- Wadan Grup 1 Kopassus (2010-2013)

- Dan Grup 2 Kopassus (2013-2014)

- Asops Danjen Kopassus (2014)

- Dan Grup A Paspampres (2014-2016)

- Danrem 074/Warastratama (2016-2017)

- Wadanpaspampres (2017-2018)

- Kasdam IV/Diponegoro (2018-2018)

- Komandan Paspampres (2018-2020)

- Pangdam IX/Udayana (2020).