Daun Binahong, Tanaman yang Ampuh Tangkal Kanker dan Menjaga Kesehatan Jantung

Daun Binahong, Tanaman yang Ampuh Tangkal Kanker dan Menjaga Kesehatan Jantung

Foto
Daun Binahong (Sumber: Int)

Daun binahong tanaman obat yang cukup populer di tanah air. Ini manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh.  Binahong merupakan tanaman rambat yang kaya akan manfaat. Biasanya, tanaman binahong banyak dibudidayakan di pekarangan. Tidak heran, binahong termasuk dalam Tanaman Obat Keluarga (TOGA). 

Untuk Anda yang belum kenal, binahong tumbuh merambat dengan batang daun yang pendek. Daun binahong berwarna hijau berbentuk hati.  Tanaman binahong dikembangbiakkan dengan menanam biji atau bagian akarnya.

Di tanah air Binahong banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan herbal. Dari seluruh bagiannya daun binahong yang kerab dijadikan obat herbal.  Daun binahong mengandung saponin, alkaloid, polifenol, flavonoid, monopolisakarida, asam askorbat, dan antioksidan. 

Flavonoid, fenol, dan alkaloid adalah senyawa yang memiliki efek antibiotik spektrum luas dan mampu melawan bakteri Gram positif dan Gram negatif. Sementara itu, saponin memiliki fungsi sebagai antibakteri, antivirus, antikanker, dan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Anda bisa merebus daun binahong yang dicampur madu untuk mendapatkan khasiatnya.

Penaran dengan manfaat daun Binahong? Berikut ini Correct.id merangkung manfaat kesehatan daun Binahong untuk kesahatan yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Ampuh Tangkal Sel Kanker 


Kanker cenderung menjadi salah satu penyakit paling mengerikan karena sifatnya yang berbeda. Ini terjadi karena proses alami yang dikenal sebagai stres oksidatif. Tekanan ini mengarah pada produksi radikal bebas yang merusak sel-sel sehat dan menjadikannya sel kanker.

Daun binahong adalah sumber kaya anti-oksidan pigmen karotenoid esensial seperti betakaroten, zeaxanthin dan lutein. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas berbahaya. Vitamin A yang terkandung dalam binahong juga memberi manfaat pencegahan kanker. Vitamin A dan C sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Makanan kaya antioksidan dan serat sangat penting untuk kesehatan jantung yang optimal. Karena perubahan makanan, seseorang bisa kekurangan banyak nutrisi penting yang diperlukan untuk melindungi dan memelihara kesehatan jantung secara keseluruhan.

Antioksidan yang kuat efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung, bahkan kerusakan arteri dan saraf dari radikal bebas. Selain itu, serat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menghambat aliran darah yang mengakibatkan penyakit jantung.

3. Cegah Penuaan Dini


Penuaan adalah efek samping lain karena stres oksidatif. Penuaan adalah proses alami, tetapi radikal bebas bisa memperburuknya. Radikal bebas merusak sel-sel kulit yang menyebabkan kulit keriput dan rusak.

Antioksidan seperti betakaroten, zeaxanthin, lutein, vitamin A dan Vitamin C memberikan perlindungan dari radikal bebas. Karena daun binahong merupakan sumber Vitamin A dan Vitamin C yang melimpah, herbal satu ini terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

4. Melindungi dan Memelihara Mata 


Efek berbahaya dari radikal bebas ada pada tingkat sel. Radikal bebas ini merusak setiap sel di jalannya. Radikal bebas bisa merusak retina mata yang menyebabkan katarak atau kehilangan penglihatan mata.

Antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. Bersama dengan Vitamin A daun binahong bisa sangat penting untuk penglihatan yang baik. Daun binahong kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata. Tidak hanya daunnya, tetapi batangnya adalah sumber vitamin A.

5. Meningkatkan Daya Tahan dan Stamina Tubuh 


Cuaca sedang tidak menentu, agar tidak mudah sakit Anda sebaiknya menjaga daya tahan dan stamina tubuh tetap maksimal.  Daun binahong dipercaya bisa meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh. Anda cukup merebus satu lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai menyisahkan setengahnya.  Anda minum air rebusan daun binahong secara rutin satu kali sehari.