Ini Potret Tes CPNS di Surabaya Dijaga Tentara Pink Squid Game, Banjir Kritik

Ini Potret Tes CPNS di Surabaya Dijaga Tentara Pink Squid Game, Banjir Kritik

Ekel Suranta Sembiring
2021-10-21 15:49:08
Ini Potret Tes CPNS di Surabaya Dijaga Tentara Pink Squid Game, Banjir Kritik
Potret Tentara Squid Game jaga Tes CPNS di Surabaya (foto: net)

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya terlihat itu dijaga tentara Pink Squid Game.

Baca Juga: Profil dan Biodata Naisa Alifia Yuriza aka NAY, Youtuber Imut yang Duet Bareng Putih Abu-Abu

1. Potret Tes CPNS di Surabaya Dijaga Tentara Pink Squid Game


Pelaksanaan tes CPNS formasi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM ini dilaksanakan di kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada Rabu (20/10/2021).

Dalam pelaksanaan tes itu, tampak penyelenggara menghadirkan suasana tegang ala film seri Squid Game, film seri Korea yang sedang booming saat ini.

Selain memutar backsound mencekam, sejumlah pink soldier atau petugas berseragam merah muda, bersenjata dan mengenakan penutup kepala.

Para pink soldier bertugas menjaga peserta saat mengerjakan tes hingga membantu peserta yang menanyakan lokasi tempat duduk lokasi tes.

2. Peserta Tes CPNS Merasa Terhibur


Hadirnya tentara ala Pink Squid Game itu, bukannya membuat peserta takut. Sebagian peserta justru merasa terhibur dengan suasana tersebut. Beberapa peserta justru meminta berfoto bersama dengan para pink soldier.

"Keren banget ini. Bagus, biar nggak tegang," kata salah satu peserta, Aini Solikhah.

"Kami ingin peserta lebih rileks dan bahagia dalam mengikuti SKD CPNS kali ini. Karena saat rileks, kita bisa lebih maksimal berfikir," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono.

Selama beberapa hari pelaksanaan, temanya selalu dibuat berbeda, dua hari sebelumnya, tema yang diangkat adalah keragaman budaya daerah.

Dia menilai, ada kemiripan antara seleksi CPNS dengan permainan Squid Game, yakni peserta sama-sama harus melewati berbagai macam rintangan untuk mencapai tujuan atau kemenangan.

"Bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti oleh peserta yang penuh semangat dan optimistis," ujarnya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Marsha Risdasari, Si Koki Cilik yang Kini Jadi Pesinetron

3. Banjir Kritikan Netizen


Beredarnya foto tes CPNS dijaga Tentara Pink Squid Game itu, banyak menuai kritikan di media sosial. Seperti pemilik akun Twitter @AREAJULID, akun itu terlihat mengunggu foto tes tersebut dan menuliskan kritikan terhadap pemerintah.

"Uang pajak gue dipake beli beginianšŸ¤­ dis!," tulisnya seperti dikutip Correcto.id, Kamis (21/10/2021)

Tidak menunggu lama, cuitan itu pun langsung ramai warganet. Banyak warganet menuliskan komentar soal tes CPNS itu.

"Pas tes CPNS juga kayaknya gak bakalan ada yang niat nyontek. Lah orang duduknya jauhan dan soalnya beda-beda tiap peserta. Trus saking fokusnya menyelesaikan soal mana ada yang sempat lihat kanan kiri," tulis @artbycha.

"Udah buang buang duit, nggak mencerminkan kearifan lokal lagi. Coba lain kali gausa ikutan squid game, bawa dukun ae dah cukup," tulis @_Thurisaz.

"Udah di daerah mana tuh duit dipake buat beli kain LV, beli mobil baru, skrg beli baju squid game, besok apalagi anj boros bgt gatau utang negara banyak," tulis @hyunsukiemine.


Share :