Sosok dan Fakta Yesti Rambu Jola Pati, Perempuan Asal NTT yang Memiliki Kisah Hidup Penuh Inspirasi

Sosok dan Fakta Yesti Rambu Jola Pati, Perempuan Asal NTT yang Memiliki Kisah Hidup Penuh Inspirasi

Foto
Yesti Rambu Jola Pati merupakan seorang perempuan asal Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya Sumba, memiliki kisah hidup yang penuh inspirasi. foto: Internet

Yesti Rambu Jola Pati merupakan seorang perempuan asal Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya Sumba, memiliki kisah hidup yang penuh inspirasi. Berikut sosok dan faktanya.

Meskipun mengawali karier sebagai asisten rumah tangga (ART) saat nekat merantau ke Surabaya, Jawa Timur, Yesti Rambu Jola Pati yang berusia 27 tahun ini, tetap semangat menjalin hidup.

Baca Juga:  Ini Lirik dan Chord Bisa Tanpamu Andmesh yang Trending di Joox

Nekat merantau

Tepat saat usianya 18 tahun, perempuan asal NTT ini nekat merantau ke Surabaya, Jawa Timur tanpa membawa uang dan pakaian yang cukup.

Dari sisi orang tua sangat melarang niat dari Yesti Rambu Jola Pati saat itu untuk merantau ke Surabaya.  

Meski begitu, Yesti sapaan akrab Yesti Rambu Jola Pati tetap ingin merantau karena ingin meringankan beban orang tua.


Menjadi sarjana

Jala yang terjal dilewati perempuan 27 tahun asal NTT selama merantau 8 tahun di Surabaya, Jawa Timur. Mulai jadi seorang sarjana di Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya dan mengambil jurusan Pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Saat mendaftar kuliah di Unitomo pada tahun 2014, Yesti Rambu Jola Pati yang berasal dari NTT hanya memiliki uang Rp 2,4 juta. Sedangkan, biaya pendaftarannya sekitar Rp 4 juta.

Niat baik ini akhirnya disambut oleh sang majikan yang mempekerjakannya sebagai seorang ART.


Disiplin

Selama menjalani perkuliahan, perempuan 27 tahun ini sangat disiplin. Yakni, bekerja sambil tekun belajar.

Pendidikan di Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya mampu ditempuh Yesti Rambu Jola Pati  hanya dalam dua tahun. Yakni, 2014-2016.

Baca Juga:  Ini Bacaan Zikir, Doa Lengkap Arti Saat Sedang Sakit Bagi Umat Islam

Tahun 2017, dirinya mengajukan cuti karena sebuah masalah dan baru tahun 2019, Yesti Rambu Jola Pati meneruskan pendidikannya hingga menjadi seorang sarjana pendidikan hingga di wisuda pada 25 September 2021 lalu.


Manajer restoran

Mantan ART yang kuliah di Unitomo, bernama Yesti Rambu Jola Pati, kini menjadi seorang manajer di sebuah restoran khas Italia di kawasan Surabaya Barat yang baru dibuka pada November 2021 nanti.

Restoran pizza itu, rupanya milik dari anak majikan tempatnya bekerja sebagai seorang ART.