Mengenal Sosok Nurfa Rama Dika, Mahasiswa Unsoed yang Viral Lulus Sarjana dengan Skripsi 37 Halaman

Mengenal Sosok Nurfa Rama Dika, Mahasiswa Unsoed yang Viral Lulus Sarjana dengan Skripsi 37 Halaman

Foto
Nurfa Rama Dika, Mahasiswa Unsoed yang Viral Lulus Sarjana dengan Skripsi 37 Halaman (Foto: TikTok)

Media sosial kembali dihebohkan dengan adanya seorang mahasiswa peternakan yang menyelesaikan skripsi dengan 37 halaman saja. Orang tersebut bernama Nurfa Rama Dika.

Dika merupakan alumnus Universitas Jendral Soedirman (Unsoed). Ia memperlihatkan skripsinya yang berjudul Pengaruh Level dan Cara Pemberian Madu terhadap Kadar Lemak Abdomen dan Lemak Daging Puyuh Jantan. Sampul skripsi tersebut juga memperlihatlkan skripsi dirangkum pada 2021.

Baca juga: Mengenal Sosok Audrey Yu, Si Perempuan Jenius yang Dikira Gangguan Jiwa, Ternyata Raih Prestasi

Di dalam skripsi Dika

Jika dijabarkan, skripsi tersebut terdiri dari 1 halaman sampul, 2 lembar pengesahan, 1 lembar peryataan, 2 lembar pustaka, 1 lembar daftar isi, 1 lembar daftar tabel, 1 lembar daftar lampiran, 2 lembar abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, 2 lembar bab 1 pendahuluan. 

Sebanyak 4 lembar bab 2 tinjauan pustaka,, 6 lembar bab 3 metode penelitian, 6 lembar bab 4 pembahasan, 1 lembab bab kesimpulan dan saran, 3 halaman daftar Pustaka, 2 lembar daftar lampiran, 2 lembar tentang penulis dan 1 halaman kosong di bagian paling belakang.

Viral di TikTok

Video tersebut diunggah Nurfa Rama Dika di akun TikTok @dika_rama98 pada Senin (22/8). Kemudian video tersebut mendapat lebih dari 27,5 ribu dan 1356 komentar. 

Video ini tentu mengundang banyak tanya netizen. Ada pula netizen yang membandingkan halaman skripsi mahasiswa di kampus lain dengan jumlah hingga ratusan halaman. Hal ini karena ketentuan minimum skripsi di kampus biasanya sekitar 50-70 halaman. 

Baca juga: Mengenal Sosok Bripda Mustakim, Polisi Ganteng Asal Aceh yang Viral di TikTok

Tips skripsi ringkas

Dika membagikan tips penulisan skripsi agar tidak bingung dalam pengerjaan. Menurut Rama Dika, mahasiswa bisa memulai penulisan skripsi, kemudian harus pintar juga dalam mencari referensi yang berkaitan dan sesuai dengan penelitian. Setelah itu, dituliskan ke bagian pembahasan skripsi. 

Komentar netizen

video yang diunggah Dika pun mendapatkan komentar netizen. Banyak netizen yang heran dengan jumlah halaman skripsinya tersebut. 

“37 lembar? Ka itu proposal apa skripsi?” tulis akun @cekgumecii.

“37 hal ? kok bisa ? apa kabar dengan yg hampir 100 hal,” tulis akun @mariadyntmlnie.