Cerita Mistis Batu di Dekat Gua Petilasan Pangeran Mangkubumi Sragen, Dipercaya Sebagai Batu Nisan

Cerita Mistis Batu di Dekat Gua Petilasan Pangeran Mangkubumi Sragen, Dipercaya Sebagai Batu Nisan

Foto
Bantu Keramat di Sragen (foto: Solopos)

Sebuah batu yang berada di dekat gua petilasan Pangeran Mangkubumi di Dukuh Gebangkota, Desa Gebang, Masaran, Sragen, Jawa Tengah sempat membuat heboh warga dan menyimpan cerita mistis.

Menurut cerita yang beredar, karena posisi batu itu menghalangi jalan, warga setempat berniat memindahkan batu itu ke lokasi lain, dengan menggunakan eskavator. Namun yang terjati eskavator tidak bisa mengangkat dan memindahkan batu.

Baca Juga: Cerita Mistis di Kamar Suzzanna, Sering Terjadi Kejadian Menakutkan saat Dibersihkan

Akibat eskavator tidak mampu, warga sempat mencari cara lain dengan memanggil tukang pecah batu. Namun, orang tersebut tidak mau menyentuh batu yang dianggap keramat itu.

Setelah ditelusuri warga, ternyata batu itu merupakan batu nisan dari seorang panglima perang wanita pengikut setia Pangeran Mangkubumi itu sendiri, yang bernama Panembahan Senopati Nyai Tuginah Wiro Atmojo, putri Tumenggung Wiro Atmojo.

Konon, batu keramat tersebut sempat ditumbuhi pohon wawungan yang juga dikeramatkan oleh warga sekitar. Dulu, sempat ada warga sekitar yang mengambil sebagian batang kayu dari pohon itu untuk membuat gagang cangkul.

Baca Juga: Cerita Mistis di Kolam Ranang Tirta Indah Bandung, Konon Dihuni Sosok Berwajah Hancur Bermata Merah

Setelah mengambil kayu itu, warga tersebut jatuh sakit. Warga sekitar yang khawatir akan tertimpa kejadian yang tidak-tidak, akhirnya mengembalikan batang kayu itu ke lokasi awal.

Saat ini, pohon wawungan itu sudah lapuk dimakan usia. Sampai sekarang juga tidak ada warga sekitar yang berani menggunakan batang pohon itu sebagai kayu bakar. Pohon dibiarkan teronggok di seberang jalan.