Indonesia Bersiap Transisi Pandemi ke Endemi Covid-19, Berikut 5 Hal yang Harus Disiapkan Masyarakat

Indonesia Bersiap Transisi Pandemi ke Endemi Covid-19, Berikut 5 Hal yang Harus Disiapkan Masyarakat

Foto
masyarakat harus mempersiapkan beberapa hal untuk bersiap menghadapi transisi dari pendemi ke endemi Covid-19. Foto: Pixabay

Pemerintah melalui Ketua Satgas Covid-19 Ganip Warsito mengatakan, masyarakat harus mempersiapkan beberapa hal untuk bersiap menghadapi transisi dari pendemi ke endemi Covid-19.  

Meski pandemi Covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir. Namun, Letnan Jendral TNI itu berharap angka kasus Covid-19 terus menurun.

Berikut 5 hal yang harus disiapkan oleh masyarakat guna bersiap menghadapi transisi pandemi ke endemi Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga:  Ini Harta Kekayaan Presiden Jokowi Selama Pandemi Covid-19, Naik Rp 8 Miliar

1. Protokol kesehatan


Sudah semestinya, protokol kesehatan harus ditaati oleh masyarakat untuk menghentikan laju kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia. Selain ditaati, pemerintah tidak pernah bosan untuk memberikan edukasi hingga sosialisasi pentingnya protokol kesehatan. 

2. Percepat vaksinasi 


Selain protokol kesehatan, pemerintah juga akan terus percepat vaksinasi Covid-19 yang dibantu oleh berbagai pihak demi herd immunity atau kekebalan kelompok.

Baca Juga:  Profil dan Biodata Chandra Liow, YouTuber Senior yang Mengaku Hampir Meninggal Akibat Covid-19

3. Perbanyak testing


Sebagai persiapan masyarakat menghadapi pandemi ke endemi Covid-19, juga perlu perbanyak testing dengan fasilitas yang memadai.  Untuk itu, tiap pemerintah daerah harus mampu menyediakan satu atau dua laboratorium PCR di tiap kota dan kabupaten.

4. Tracing


Hal yang harus disiapkan masyarakat untuk menuju pandemi ke endemi Covid-19 adalah tracing, dengan bantuan para tenaga swabber dan tracer.

5. Treatment


Terakhir, hal yang harus disiapkan masyarakat adalah treatment yang dibantu oleh tenaga kesehatan dan tempat isolasi yang memadai dan terpusat.