Profil dan Biodata Lengkap Emma Raducanu, Petenis Umur 18 Tahun yang Berhasil Juara US Open 2021

Profil dan Biodata Lengkap Emma Raducanu, Petenis Umur 18 Tahun yang Berhasil Juara US Open 2021

Foto
Petenis muda asal Inggris, Emma Raducanu (Sumber Foto: Instagram).


Petenis muda asal Inggris, Emma Raducanu, sukses menyabet gelar juara US Open 2021. Kepastian itu didapat Emma Raducanu usai mengalahkan wakil Kanada, Leylah Annie Fernandez, dalam partai final.

Bermain di Arthur Ashe Stadium, Minggu (12/9/2021) dini hari WIB, pertarungan seru tersaji di partai final tunggal putri US Open 2021. Emma Raducanu pun memenangkan laga tersebut dua set langsung dengan skor 6-4 dan 6-3.

Tak hanya membawanya menjadi juara US Open 2021, kemenangan tersebut juga membuat Raducanu mengukir catatan bersejarah. Emma Raducanu menjadi petenis pertama yang harus merangkak dari babak kualifikasi dan sukses menjadi juara turnamen Grand Slam.

Petenis berdarah China-Romania itu juga menjadi petenis putri Inggris pertama yang mampu menjadi juara Grand Slam setelah kali terakhir Virginia Wade melakukannya pada ajang Wimbledon tahun 1977.

Bahkan Emma Raducanu pun tercatat sebagai petenis termuda yang memenangi gelar Grand Slam setelah Maria Sharapova pada Wimbledon 2004. Berikut ini profil dan biodatanya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Ni Nengah Widiasih Lengkap Umur, Peraih Medali Pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Profil dan Biodata.


Nama Lengkap:

Emma Raducanu

Nama Panggilan:

Emma

Kewarganegaraan:

Inggris

Tempat/Tanggal Lahir:

Toronto, Canada / 13 November 2002

Umur:
18 Tahun

Karir Pro:

2018, Kejuaraan Wimbledon

Pegangan Raket:

Kanan

Rekor Kemenangan:

69-22 (75.8%)

Rangking Dunia:

150 (23 Agustus 2021)

Tinggi Badan:

1.75 meter

Akun Instagram:

@emmaraducanu

Akun Twitter:

@emmaraducanu

Memiliki Keturunan China dan Rumania


Emma Raducanu lahir di Toronto, Kanada dan memiliki darah keturunan China dan Rumania dari kedua orangtuanya. Keluarganya hijrah ke London, Inggris saat Raducanu masih masih berusia dua tahun. Semenjak saat itu, Emma Raducanu menetap dan tumbuh di London. Ia pun dikenal sebagai petenis berkewarganegaraan Inggris.

Baca Juga: Profil Vanessa Laine Bryant, Istri yang Tulis Pesan Menyentuh di Hari Ulang Tahun ke-43 Mendiang Kobe Bryant

Bermain Tenis di Usia 5 Tahun


Raducanu mulai bermain tenis pada usia lima tahun. Ia bermain tenis di Bromley Tennis Academy dan juga sekolahnya, Newstead Wood School. Meski menekuni tenis, Raducanu tak melupakan pendidikan yang ia tempuh. Ia dikenal sebagai murid yang pandai dan meraih nilai A pada pelajaran matematika dan ekonomi.

Melakoni Debut di Ajang Wimbledon


Emma Raducanu melakoni debut Grand Slam pada Juni 2021 di ajang Wimbledon. Pada turnamen tersebut, Raducanu mampu melangkah hingga putaran keempat. Namun, pada pertandingan menghadapi Ajla Tomljanovic, ia harus mundur pada set kedua karena mengalami kesulitan bernapas.

Pada turnamen Grand Slam berikutnya yakni US Open 2021, Emma Raducanu tampil luar biasa. Ia sukses melaju hingga final dan mengalahkan Leylah Fernandez yang mampu menyingkirkan para petenis unggulan seperti Aryna Sabalenka (unggulan 2), Naomi Osaka (3), dan Elina Svitolina (5).

Baca Juga: Potret Cantik Francesca Sofia Novello, Kekasih Valentino Rossi yang Sedang Hamil

Masuk Top  10 Juara Grand Slam Termuda dalam Sejarah


Emma Raducanu mengguncang Top 10 juara Grand Slam termuda dalam sejarah dalam usia 18 tahun 302 hari, mengalahkan Rafael Nadal, Roger Federer dan Novak Djokovic. Raducanu menjadi juara Grand Slam pertama dalam kariernya pada usia 18 tahun 302 hari dengan menjuarai tunggal putri Grand Slam AS Terbuka 2021.