Profil dan Biodata Abu Rusydan Lengkap Umur, Teroris Tokoh Senior JI Kembali Ditangkap Densus 88

Profil dan Biodata Abu Rusydan Lengkap Umur, Teroris Tokoh Senior JI Kembali Ditangkap Densus 88

Foto
Abu Rusydan yang merupakan teroris senior Jamaah Islamiyah (JI) kembali ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. Foto: Twitter

Abu Rusydan yang merupakan teroris senior Jamaah Islamiyah (JI) kembali ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. Setelah sebelumnya pernah tertangkap dan di penjara hingga kemudian bebas. Berikut profil dan biodatanya.

Penangkapan Abu Rusydan itu dibenarkan oleh Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam sebuah keterangan pada Minggu 12 September 2021. 

Baca Juga:  Video Detik Detik Kelompok Separatis Teroris Menembak Brutal Tim Gabungan TNI POLRI di Papua

Soal lokasi penangkapan dari Abu Rusydan, Kombes Ahmad Ramadhan menyebut, teroris tokoh senior JI itu ditangkap di sebuah tempat di Bekasi, Jawa Barat. 

Teroris senior JI itu lahir di Kudus, 16 Agustus 1960 dan beragama Islam. Untuk mengelabuhi polisi, Abu Rusydan mempunyai banyak sekali inisial. Seperti, Bap Suyata, Salim, Jimy, Yahya, hingga Mukti.

Pernah ditangkap pada 2004

Senior Jamaah Islamiyah yang merupakan salah satu kelompok teroris itu, itu pernah ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri pada tahun 2004. Saat ditangkap, teroris senior itu menyembunyikan pelaku bom Natal 2000, Gufron aka Muklas.

Akibat perbuatannya, Abu Rusydan dihukum penjara selama 3 tahun 6 bulan.


Tokoh senior JI

Menurut pakar terorisme Universitas Indonesia, Ridlwan Habib, Abu Rusydan merupakan salah satu tokoh senior JI atau Jamaah Islamiyah yang merupakan kelompok teroris serta merupakan warga  Kudus, Jawa Tengah.


Berlatih militer di Pakistan

Masih menurut pakar teroris Universitas Indonesia, Abu Rusydan pernah berlatih militer di Pakistan. Tepatnya di Camp Sadda Pakistan dan sempat berinteraksi langsung dengan Osama bin Laden.

Baca Juga:  Kronologi Teroris KKB Papua Tembak Mati Warga Sipil di Distrik Omukia, Korban Sampat Ucap Ampun Komandan

Viral di YouTube


Tidak disangka, senior teroris JI yang berusia 61 tahun itu viral di YouTube, melalui berbagai video ceramahnya yang sering menyebut Pancasila bukan Islam.

Tidak hanya itu, beberapa masyarakat menyebut seorang Abu Rusydan sebagai seorang ulama besar yang sering ke luar kota untuk berdakwah.

Biodata Abu Rusydan


Nama Lengkap: 
Abu Rusydan
Nama Samaran:
 Bap Suyata, Salim, Jimy, Yahya, hingga Mukti
Tempat dan Tanggal Lahir: 
Kudus, 16 Agustus 1960
Agama: 
Islam
Umur: 
61 Tahun