Resep dan Cara Lengkap Membuat Sop Buntut, Makanan yang Disukai Seungri BIGBANG

Resep dan Cara Lengkap Membuat Sop Buntut, Makanan yang Disukai Seungri BIGBANG

Foto
Seungri BIGBANG menyukai kuliner Indonesia yakni sop buntut, bahkan dia mengatakan sangat tergila-gila pada kelezatan makanan berkuah yang satu ini. (Sumber: Int).


Indonesia mungkin dapat didapuk sebagai tuan rumah untuk kekayaan kulinernya. Tak tanggung-tanggung, mulai dari politisi hingga selebriti telah terbukti jatuh hati pada beraneka sajian nusantara ini.

Salah satu makanan yang disukai oleh publik figur di Korea Selatan adalah Sop Buntut. Ketika mengadakan konser 'MADE Jakarta Concert' pada 2015 silam, Seungri BIGBANG bahkan mengatakan bahwa dia tergila-gila pada kelezatan makanan berkuah yang satu ini.

Nah untuk kamu yang ingin membuatnya di rumah, berikut ini resep dan cara membuatnya sebagai menu makan malam kamu bersama keluarga.

Baca Juga: Resep dan Cara Lengkap Membuat Nasu Likku, Makanan Khas Bugis yang Dimakan Jokowi Saat Kunker ke Wajo

Bahan-bahan:

1½ kg buntut sapi

12 siung bawang putih

1½ sdm merica putih utuh

5 iris pala

7-8biji cengkeh

8 siung bawang merah rajang

8 siung bawang putih rajang

2 - 3 tangkai seledri

3 - 4 tangkai daun bawang

3 buah tomat belah 4

3/4 sdt gula pasir

Kentang yang sudah dikupas, dipotong dadu, dan direbus

Wortel yang sudah dikupas, diiris, dan direbus

Baca Juga: Resep dan Cara Lengkap Membuat Pepes Tahu, Makanan Favorit Sarwendah yang Disukai Keluarga


Baca Juga: Resep dan Cara Lengkap Membuat Mac and Cheese, Makanan Favorit Kourtney Kardashian

Cara membuat Sup Buntut:

1. Langkah pertama untuk membuat sop buntut adalah didihkan air lalu masukkan buntut sapi, rebus hingga setengah mendidih, kemudian angkat dan tiriskan. Untuk  mendapatkan kuah sop buntut yang jernih, sebaiknya buntut mentah tidak dicuci.

2. Setelah setengah direbus baru cuci dan bersihkan buntut sapi dengan air dingin mengalir. Setelah dicuci bersih, tambahkan air dingin secukupnya untuk merebus buntut sapi dengan api kecil. Rebus sampai mendidih kembali.

3. Sembari menunggu, kamu bisa haluskan bawang putih bersama merica, setelah halus dilanjutkan dengan menumis dengan minyak secukupnya. Jika warna bumbu sudah agak cokelat muda, tuangkan dua gelas air lalu didihkan hingga mendidih.

Kemudian tuang dengan disaring ke dalam kuah buntut yang sudah mendidih. Langkah ini bisa disesuaikan dengan selera, jika ingin tidak disaring tidak masalah.

4. Tambahkan irisan pala, cengkeh dan daun bawang serta seledri yang sudah disimpulkan. Sebaiknya seledri dimasukkan utuh dan tidak diiris tipis-tipis. Lalu tambahkan garam dan penyedap. Angkat seledri yang sudah layu, buang dan rebus buntut sapi sampai empuk.

5. Agar menambah aroma, kamu bisa goreng bawang merah bawang putih yang sudah diiris tipis, goreng hingga kecokelatan. Remas-remas dan taburkan ke dalam kaldu dan tambahkan gula pasir. Jangan lupa untuk merasakan sop buntut dan menambah bumbu sesuai seleramu jika perlu.

6. Jika sudah hidangkan sop buntut dengan irisan tomat, kentang , wortel dan daun bawang. Nikmati sop buntut selagi hangat.