Penyebab Gancet Menurut Islam dan Medis yang Wajib Kamu Tahu

Penyebab Gancet Menurut Islam dan Medis yang Wajib Kamu Tahu

Foto
Ilustrasi Berhubungan (Sumber Foto: (Sumber: Int)


Media sosial kembali dihebohkan dengan pasangan kekasih yang mengalami gencet dan tak bisa lepas saat berhubungan badan. Terlihat sang wanita terlihat minta tolong dan memicu sejumlah ustadz turun tangan menangani kasus ini dan memanjatkan doa agar keduanya bisa dilepas.

Kejadian itu viral dibagikan oleh sejumlah akun TikTok pada 6 September 2021, dan mendapat ratusan komentar netizen dan membuat geger.

Baca Juga: Ini Video Detik-detik Pasangan Gancet Lepas, Sumpah Bertobat Sambil Menangis

Gancet Menurut Islam dan Medis


Gancet saat berhubungan intim bagi sebagian orang kerap dikaitkan dengan hal mistis. Hal ini dikarenakan kejadian terjepitnya penis di dalam vagina ini kerap dialami oleh pasangan tak resmi yang melakukan seks di lokasi angker.

Selain itu, masyarakat juga masih mengaitkan gancet saat berhubungan badan ini hanyalah sebuah mitos dan dikaitkan dengan ulah makhluk halus. Padahal hal tersebut tidak benar. Dalam dunia medis istilah gancet dikenal dengan penis captivus.

Baca Juga: Viral Video Pasangan Kekasih Gencet, Wanita Menangis Hingga Ustaz Turun Tangan Agar Bisa Lepas

Normalnya, saat berhubungan seksual, penis akan terisi dengan darah dan ukurannya terus membesar hingga ejakulasi. Di sisi lain, saat wanita mengalami orgasme, otot-otot dinding vagina akan berkontraksi.

Dimana, kontraksi ini dapat mempersempit lubang vagina, sehingga menyulitkan pria untuk mengeluarkan penisnya, terutama jika masih membesar dan mengalami ereksi. Kondisi inilah yang disebut dengan istilah gancet. Pada sebagian kasus, dibutuhkan bantuan medis untuk mengeluarkan penis dari vagina.

Penyebab pasti terjadinya gancet belum dapat diketahui. Namun, muncul dugaan bahwa kondisi ini disebabkan oleh vaginismus, yaitu kondisi saat vagina menutup dengan sendirinya, karena kejang otot di dasar panggul.

Baca Juga: Viral Video Pasangan Kekasih Gancet, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab vaginismus sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab vaginismus, di antaranya:

1. Memiliki rasa takut akan vagina yang terlalu kecil.

2. Mengalami pengalaman berhubungan seksual yang buruk.

3. Memercayai bahwa seks adalah tindakan yang memalukan atau salah

4. Memiliki kondisi medis tertentu

Maka dari itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti terjadinya gancet.