Detik-detik Pasangan Harry Susano/Leani Ratri Oktila Raih Medali Emas di Paralimpiade Tokyo 2020

Detik-detik Pasangan Harry Susano/Leani Ratri Oktila Raih Medali Emas di Paralimpiade Tokyo 2020

Foto
Kontingen Indonesia meraih medali emas keduanya lewat pasangan ganda campuran para-badminton Leani Ratri Oktila/Hary Susanto yang mengalahkan wakil Prancis, Lucas Mazur/Faustine Noel di Yoyogi National Stadium, Tokyo, Minggu, (5/9/2021). (Sumber: Int).


Kontingen Indonesia meraih medali emas keduanya lewat pasangan ganda campuran para-badminton Leani Ratri Oktila/Hary Susanto yang mengalahkan wakil Prancis, Lucas Mazur/Faustine Noel di Yoyogi National Stadium, Tokyo,  Minggu, (5/9/2021). Keduanya harus bekerja keras sebelum memastikan kemenangan dengan skor 23-22, 21-17.

Baca Juga: Detik-detik Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah Raih Medali Emas di Paralimpiade Tokyo 2020, Penantian 4 Dekade

Jalannya Pertandingan


Pada gim pertama, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila mendapat perlawanan sengit dari Lucaz/Faustine. Dimana, keduanya sempat tertinggal 8-11 pada saat interval. Kemudia, selepas jeda, Hary/Leani masih kesulitan menyusul keunggulan sang lawan dan tercecer hingga 12-16.

Namun perlahan, Hary/Leani mampu bangkit dan meraih lima poin secara beruntun, dan berbalik memimpin 17-16. Pertandingan berjalan semakin sengit dan skor sama kuat di angka 20-20. Setelah sempat deuce, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila mampu mengunci kemenangan pada gim pertama dengan skor 23-21 atas Lucaz/Faustine.

Pada gim kedua Hary/Leani mampu unggul sampai 4-2. Mereka mampu unggul karena Mazur/Noel beberapa kali melakukan kesalahan dan mengirim shuttlecock keluar lapangan.
Akan tetapi, Mazur/Noel mampu mengejar dan membuat skor menjadi 5-5. Pertandingan sengit terus terjadi sampai interval. Meski begitu, Hary/Leani memastikan keunggulan saat interval dengan skor 11-8 lewat sontekan yang tak bisa dikembalikan Noel.

Kembali dari interval, Mazur/Noel bermain lebih agresif. Rally panjang langsung tersaji dan wakil Prancis itu memenanginya setelah shuttlecock jatuh di tempat yang tak terjangkau Hary/Leani.

Namun, Hary/Leani bisa unggul sampai 15-10. Mazur/Noel kerap melakukan kesalahan yang berujung poin bagi wakil Indonesia. Namun, dominasi Hary/Leani putus setelah keduanya tak mampu mengembalikan smash Mazur/Noel dan mengejar sampai 14-16.

Pertandingan berlanjut dengan Hary/Leani menjaga keunggulan dengan nyaman. Mereka bisa mencapai game point dengan skor 20-17. Mereka memastikan medali emas Paralimpiade 2020 setelah Noel mengirim shuttlecock ke arah net.

Baca Juga: Profil dan Biodata Lengkap Fredy Setiawan, Atlet Indonesia Peraih Medali Perunggu Paralimpiade Tokyo 2020

Medali Emas Kedua


Kemenangan Hary/Leani, membuat Indonesia berhasil meraih dua medali emas di Paralimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, medali emas juga disumbangkan Leani Ratri Oktila.

Yang berlaga di nomor ganda putri SL3-SU5, Leani yang berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah sukses mengalahkan Cheng Hefang/Ma Huihui dalam laga final di Yoyogi National Stadium, Sabtu (4/9/2021).

Selain dua medali emas tersebut, kontingen Indonesia juga berhasil meraih tiga medali perak, dan empat medali perunggu. Pencapaian tersebut membuat Indonesia kini berada di peringkat 43 klasemen perolehan medali Paralimpiade Tokyo 2020.