HUT Kemerdekaan RI ke 76, Ini 8 Tempat Bersejarah yang Wajib Kamu Tahu

HUT Kemerdekaan RI ke 76, Ini 8 Tempat Bersejarah yang Wajib Kamu Tahu

Foto
Sang saka Merah Putih (Foto:Dok.bobo.grid.id)


Indonesia telah merdeka sejak 17 Agustus 1945, yang berarti tahun 2021 ini Indonesia sudah 76 tahun merdeka. Perjalanan kemerdekaan Indonesia sangat menarik untuk diikuti. Ada banyak tempat wisata sejarah yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia.

Berikut inilah tempat bersejarah yang wajib kamu ketahui.

1. Rumah Rengasdengklok

Rumah ini berada di jalan Perintis Kemerdekaan No. 33, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat yang merupakan saksi perjuangan proklamasi karena dijadikan tempat Soekarno-Hatta disembunyikan oleh golongan muda yang mendesak untuk segera diumumkan kemerdekaan Indonesia.

Rumah ini dianggap aman karena saat itu Rengasdengklok merupakan wilayah kekuasaan tentara Peta dan jauh dari kekuasaan Jepang. Rumah ini milik Djiaw Kie Siong, seorang penduduk lokal yang sehari-hari bekerja sebagai petani. Di sini masih ada dipan asli yang digunakan untuk tidur Bung Hatta. Sementara itu, dipan milik Soekarno sudah dibawa ke Bandung.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021 Via Whatsapp

2. Monumen Nasional

Monumen Nasional  ini terletak di tengah Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat yang merupakan monumen peringatan yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan Belanda.

Monumen setinggi 132 meter ini dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dan mulai dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Di dalam museum terdapat 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra-sejarah hingga orde baru dan juga naskah asli teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di Ruang Kemerdekaan.

3. Gedung Radio Republik Indonesia (RRI)

Gedung RRI terletak di Jalan Medan Merdeka Barat 4-5 Gambir, Jakarta Pusat yang merupakan tempat bersejarah terakhir ada pada gedung Radio Republik Indonesia yang mempunyai peranan penting dalam menyebarkan pemberitaan proklamasi ke seluruh penjuru dunia, termasuk Eropa dan Amerika Serikat pada masa itu. Bahkan, hingga saat ini, RRI masih mengudara dan memberikan berbagai informasi untuk masyarakat.

Baca Juga: Pedoman Lengkap Tata Cara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 saat Pandemi Covid-19

4. Gedung Joang 45

Gedung Joang 45 ini terletak di jalan Menteng Raya 31, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, dimana pada zaman Belanda, gedung ini bermanfaat sebagai hotel, memamerkan miniatur perjuangan Indonesia. Selain itu juga ada mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI pertama.

5. Tugu Proklamasi


Tugu Proklamasi terletak di jalan Proklamasi, Menteng, Cikini, Jakarta Pusat, pada kompleks juga terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan.

Di tempat inilah naskah proklamasi kemerdekaan RI dibacakan untuk pertama kalinya oleh Soekarno. Dulunya, tempat ini adalah rumah Soekarno tetapi dihancurkan atas permintaan Soekarno pada 1960.

Baca Juga: Ini Arti dan Makna Lengkap Logo Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 yang Harus Kamu Tahu

6. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi terletak di jalan Imam Bonjol No. 1, Menteng, Jakarta Pusat, dimana dulunya bangunan ini merupakan tempat kediaman Laksamana Maeda, salah satu orang yang membantu proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pada 17 Agustus 1945 dini hari, rumah ini disibukkan oleh aktivitas perumusan naskah proklamasi.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi adalah gedung yang dibangun untuk mengenang peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. Terletak di Menteng, di bangunan ini terdapat 4 ruangan yang berisi pameran benda-benda yang dikenakan para tokoh yang hadir dalam perumusan naskah proklamasi.

7. Museum Sumpah Pemuda

Museum ini menjadi tempat melahirkan persetujuan Indonesia, yaitu berbangsa satu, berbahasa satu, dan bertanah air satu. Museum Sumpah Pemuda berlokasi di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Jakarta Pusat, dahulunya gedung ini menjadi tempat tinggal para pelajar.

Sekarang, gedung ini dikenal dengan nama Gedung Kramat Nomor 106. Di dalam bangunan ini, pengunjung dapat melihat patung lilin para tokoh Sumpah Pemuda seperti Muhammad Yamin dan A.K Gani. Selain itu, terdapat pula patung lilin pencipta lagu kemerdekaan Indonesia, Wage Rudolf Supratman.