Fakta-fakta RS Modular Pertamina yang Baru Diresmikan Jokowi, Ada Fasilitas Ibu Anak

Fakta-fakta RS Modular Pertamina yang Baru Diresmikan Jokowi, Ada Fasilitas Ibu Anak

Yuli Nopiyanti
2021-08-06 14:23:10
Fakta-fakta RS Modular Pertamina yang Baru Diresmikan Jokowi, Ada Fasilitas Ibu Anak
ILUSTRASI. RS Modular Darurat Covid-19 di Tanjung Duren, Jakarta Barat saat masih dibangun

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Rumah Sakit Modular Pertamina Tanjung Duren untuk perawatan pasien Covid-19 bergejala sedang hingga berat.

“Kita patut bersyukur bahwa pada pagi hari ini angka-angka pandemi menunjukkan bahwa di Jawa dan di Bali mulai sedikit menurun dan utamanya di Jakarta,” ungkap Presiden Joko Widodo di RS Modular Pertamina Tanjung Duren.

Presiden mengungkapkan, angka-angka keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) mulai menurun dibandingkan dengan angka 6-8 pekan lalu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan RS Modular Pertamina di Tanjung Duren, Fungsinya Seperti RSKI Galang di Batam

“Di Wisma Atlet BOR-nya sempat di sekitar 90-an persen. Pagi hari ini tadi saya mendapatkan informasi angkanya sudah berada pada posisi 25 persen BOR-nya, tetapi juga kita harus tetap waspada hati-hati terus bersiap-siap jaga-jaga,” ujarnya.

Berikut fakta-fakta RS Modular Pertamina yang Baru Diresmikan Jokowi dirangkum correcto.id dari berbagai sumber:

RS Modular Pertamina baru diresmikan

Presiden Jokowi meresmikan Rumah Sakit Modular Pertamina Tanjung Duren, Jakarta yang digunakan untuk membantu penanganan Covid-19. Dalam peresmian tersebut, Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Ada fasilitas ibu dan anak

Dalam kesempatan ini, Jokowi berterima kasih kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Pertamina yang telah menyiapkan Rumah Sakit Modular Pertamina. Menurut dia, rumah sakit ini dilengkapi dengan fasilitas ICU serta cocok untuk ibu dan anak.

“Lebih bagus lagi ada juga ICU khusus untuk anak-anak dan bayi serta ibu-ibu, sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak,” ujarnya.

RS Modular Pertamina fungsinya seperti RSKI Galang di Batam

Modular Pertamina mirip RSKI Galang di Batam, Kepri, karena dikhususkan untuk merawat pasien Covid-19.

RS Modular Covid-19 Dibangun dalam Waktu 30 Hari

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menyebut, RS Modular Covid-19 tersebut diselesaikan dalam waktu 30 hari saja.

Dimana, proses konstruksi awal dibangun sejak Juli 2021 dan diresmikan per Jumat ini. Rumah sakit tersebut khusus untuk penanganan Covid-19 dan fasilitas seluruhnya sudah siap dioperasikan.

Baca Juga: Pemilik SMA Selamat Pagi Indonesia Resmi Jadi Tersangka Kasus Kekerasan Seksual, Belasan Siswa Yatim Piatu dan Tak Mampu jadi Korban

RS Modular untuk antisipasi lonjakan covid-19

Antisipasi terhadap lonjakan jumlah pasien, termasuk pasien kritis, dari 305 BOR kapasitas yang disediakan, RS Modular Tanjung Duren mengalokasikan 128 bed untuk ruang perawatan, 70 bed di ruang IGD dan IGD ICU serta 104 bed khusus di gedung ICU.

Pembangunan RS Modular ini dilakukan oleh salah satu anak usaha Pertamina, PT Patra Jasa dan akan menjadi ekstensi dari RS Pelni, yang juga merupakan anak usaha PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) IHC.

"Ada beberapa hal yang menjadi kekhususan dari rumah sakit ini, karena kita menyadari betul dalam perjalan 1,5 tahun, IHC melakukan penanganan Covid-19 ini, beberapa hal perlu dilakukan improvement," katanya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24