7 Kuliner Favorit Soekarno Hingga Jokowi, Ada Tempe dan Gulai Otak Sapi

7 Kuliner Favorit Soekarno Hingga Jokowi, Ada Tempe dan Gulai Otak Sapi

Alpandi Pinem
2021-08-04 17:17:26
7 Kuliner Favorit Soekarno Hingga Jokowi, Ada Tempe dan Gulai Otak Sapi
Presiden Soekarno dan Presiden Jokowi (Sumber: Int)


Presiden Republik Indonesia dari yang pertama hingga sekarang memiliki makanan kesukaan yang beragam. Kuliner yang disukai dari Presiden Republik Indonesia ini bermacam-macam.

Berikut beberapa makanan favorit Soekarno hingga Jokowi.

1. Presiden Soekarno

Presiden Soekarno menyukai makanan-makanan tradisional yakni tempe. Menu olahan tempe bacem menjadi makanan yang dicari setiap hari oleh presiden pertama Indonesia ini.

Selain tempe, makanan yang juga digemari Bung Karno adalah sate. Dimana, dia pernah memesan 50 tusuk sate ayam usai dilantik sebagai presiden. Sebagai penggemar sate, ia juga memiliki tempat sate favorit, yakni di Jalan Asia Afrika, Bandung.

Untuk sayurannya, Sukarno sangat menyukai sayur lodeh, rawon, sayur asem dan sambal terasi. Sementara selama masa pengasingan di Bengkulu, Soekarno memiliki menu favorit yaitu Bagar Hiu dan Pais Ikan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Camilan yang Paling Disukai Prabowo Subianto, Gampang Dicari

2. Presiden Soeharto

Besar di kota kecil membuat selera makan presiden kedua Indonesia ini tak terlalu sulit, yakni dia menyukai tiwul, semacam singkong rebus yang dimakan bersama gula aren. Kue tradisional lain yang juga disukai Soeharto adalah arem-arem.

Tak hanya itu, Soeharto ternyata senang menikmati menu sederhana seperti ikan bilih, apalagi disajikan bersama tempe bacem, sayur lodeh dan nasih hangat, nikmatnya. Bahkan, Soeharto juga gemar menikmati mie instan, bahkan beliau menganggapnya sebagai camilan atau makanan selingan.

3. Presiden BJ Habibie

Presiden Habibie suka sekali menyantap hidangan olahan ikan mulai dari ikan goreng, ikan bakar maupu sup ikan yang menjadi masakan khas Sulawesi. Bahkan, menu yang harus selalu ada di meja makan yakni sayur karena beliau memang sangat menyukai berbagai jenis sayur-sayuran.

Habibie juga menyukai Barongko, makanan khas Makassar yang terbuat dari buah pisang yang dihaluskan dan dicampur santan, telur, serta gula kemudian dimasak dengan bungkus daun pisang.

Baca Juga: Resep Lengkap Cara Membuat Nasi Goreng, Menu Favorit Prabowo Subianto untuk Sarapan

4. Presiden Abdurrahman Wahid

Kemudian ada Presiden Abdurrahman Wahid yang akrab disapa dengan Gusdur ini sangat menyukai aneka kreasi kuliner khas rumah makan dari Padang. Dimana, makanan favoritnya adalah gulai otak sapi gulai, gulai limpa, serta dendeng batoko.

Kemudian dendeng batokok dibuat dari irisan tipis dan lebar. Setelah daging sapi diiris tipis melebar, lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya dagingnya menjadi lembut. Kemudian makanan ini diberi cabai hijau yang diiris kasar. Tak hanya makanan Padang, Gus Dur juga menyukai kuliner khas Jombang, yaitu nasi kikil dengan menu favorit lodeh kikil dan lidah sapi.

5. Presiden Megawati

Presiden wanita Indonesia ini memiliki menu favorit, salah satunya ikan bakar khas Gianyar. Selain ikan bakar, dia juga menyukai Bakmi jawa. Bahkan, Megawati juga memiliki makanan kesukaan yang sama dengan Gus Dur yaitu gado-gado, makanan yang berisi campuran sayur rebus dan irisan telur rebus yang disiram saus kacang.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kare Kepiting, Makanan Kegemaran Mensos Risma di Bekas Tempat Prostitusi Gang Dolly

6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Tumbuh di Pacitan membuat Presiden SBY menyukai kalakan (ikan diasap), jathilan (ikan goreng bertepung ubi), serta sayur ikan bumbu pedas. Dia juga menyukai tahu sumedang dan tempe bacem yang dinikmati lengkap dengan cabai rawit. Bahkan menu makanan sehari-hari, yang menjadi favoritnya adalah pecel lele, pecel madiun, dan telur dadar. Selain itu, SBY juga menyukai nasi goreng.

7. Presiden Jokowi

Presiden Jokowi dikenal tak neko-neko dalam memilih makanan,seperti sup ayam, sayur bening bayam, soto kuning, tumis pepaya muda, bakwan jagung, hingga tumis oseng tempe.

Dimana, saat dia pulang ke Kota Solo, Jokowi memiliki kuliner langganan seperti Ayam Goreng Mbah Karto, menu yang biasa dipilih ialah ayam goreng dengan sambal blondho (sambal hitam).

Bahkan saat Jokowi juga kerap berkunjung ke Gudeg Mbak Yus yang berisi nasi, ayam opor, tahu opor, telur pindang, krecek, daun singkong rebus dan gudeg nangka. Kedai makan yang juga telah menjadi langgana Jokowi sejak menjadi walikota Solo adalah Soto Gading dengan hidangan andalan soto berkuah kental dari kaldu ayam bening yang dipadukan soun, dahing ayam suwir, bawang merah goreng, dan irisan daun seledri.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24