Tak Hanya Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, Ini Daftar Lengkap Atlet Badminton Peraih Medali Emas di Olimpiade

Tak Hanya Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, Ini Daftar Lengkap Atlet Badminton Peraih Medali Emas di Olimpiade

Foto
Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Instagram)

Pasangan ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. 

Setelah berhasil meraih medali emas, banyak yang penasaran dengan atlet badminton Indonesia yang pernah meraih medali emas di Olimpiade. 

Oleh karena itu, berikut Correcto.id rangkumkan daftar lengkap atlet badminton peraih medali emas. 

1. Susy Susanti (tunggal putri)


Susy Susanti dengan nama lengkap Lucia Fransisca Susy Susanti berhasil meraih medali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Saat itu, usia Susi Susanti masih menginjak 21 tahun. 

2. Alan Budikusuma (tunggal putra)


Atlet badminton Alan Budikusuma juga pernah meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992. Saat itu, Alan berhasul merebut juara dengan skor 15-12 dan 18-13.

Baca Juga: Detik-detik Momen Haru Greysia Polii dan Apriyani Rahayu saat Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Olimpiade Tokyo 2020

3. Rexy Mainaky/Ricky Soebagja (ganda putra)


Ganda putra Rexy Mainaky/Ricky Soebagja berjasil meraih medali emas di Olimpiade Atlanta tahun 1996. Saat itu, mereka berhasil mengalahkan pebulutangkis asal Malaysia yaitu Cheah Soon Kit dan Yap Kim Hock. 

4. Tony Gunawan/Candra Wijaya (ganda putra)


Selanjutnya pasangan ganda putra Tony Gunawan dan Candra Wijaya. Keduanya berhasil meraih medali emas di Olimpiade Sydney 2000 setelah mengalahkan Korea Selatan Lee Dong Soo dan Yoo Yong Sung. 

Baca Juga: Ini Potret Kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Usai Taklukan Pasangan China, Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

5. Taufik Hidayat (tunggal putra)


Pada tahun 2004, Taufik Hidayat berhasil meraih medali emas di Olimpiade Athena setelah mengalahkan pebulutangkis Korea Selatan, Shon Sheung-Mo. 

6. Hendra Setiawan/Markis Kido (ganda putra)


Hendra Setiawan dan Markis Kido meraih medali emas di Olimpiade Beijing tahnun 2008. Pasangan ganda putra Indonesia ini menang setelah mengalahkan pasangan Cina, Chai Yun/Fu Haifeng. 

7. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran)


Pasagan ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 setelah mengalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

8. Greysia Polii / Apriyani Rahayu (ganda putri)


Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mencetak sejarah baru untuk Indonesia. Mereka berhasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 setelah mengalahkan ganda putri Cina, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.