Ini Syarat Marcus-Kevin Juara Meski Kalah dari Wakil Taiwan

Ini Syarat Marcus-Kevin Juara Meski Kalah dari Wakil Taiwan

Foto
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020(Foto: Antara)

Marcus-Kevin kalah dari wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin dengan perolehan angka yang cukup ketat, 18-12, 21-15, dan 12-21. Meski kalah, Marcus-Kevin masih berpeluang jadi juara dengan syarat. 

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon kembali bertanding melawan pebulutangkis dari Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin di Musasiho Forest Sport Plaza ajang Olimpiade Tokyo 2020 pada Selasa 27 Juli 2021. Dalam laga tersebut Marcus-Kevin tunduk dari lawannya dengan perolehan skor ketat. 

Baca juga: Keren! Kevin Sanjaya Masuk dalam 48 Atlet yang Wajib Ditonton di Olimpiade Tokyo 2020 Versi Majalah Time


Marcus-Kevin mengawali pertandingan dengan kurang baik. Atlet bulutangkis Indonesia tersebut cukup tertinggal jauh pada awal laga dengan skor 11-5. Namun Marcus-Kevin bangkit dan berhasil mengejar ketertinggalan hingga skor menjadi 16-17. Namun wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin kembali memberi tekanan hingga akhirnya berhasil menang di babak pertama dengan skor akhir 18-21. 

Pada babak kedua Marcus-Kevin mulai menemukan ritme permainan dan memberikan tekanan pada tim lawan. interval babak kedua Marcus-Kevin berhasil unggul dengan skor 11-9. Akhirnya Marcus-Kevin berhasil memenangkan babak keua dengan skor 21-15 sehingga laga berlanjut ke rubber game. 

Di awal babak rubber game, Marcus-Kevin tertinggal dengan angka skor 7-11. Setelah jeda interval rubber game Marcus-Kevin mulai bangkit dan memberi tekanan hingga skor menjadi ketat 12-12. Namun wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin kembali tampil menyerang hingga kembali unggul dan mengambil jarak dari Marcus-Kevin. Lee Yang/Wang Chi-Lin akhirnya berhasil tundukan Marcus-Kevin dengan skor 21-17. 

Baca juga: Fakta Unik All England 2021, Wakil Indonesia Kevin dan Marcus Kalahkan Inggris Sebelum Diminta Mundur


Kekalahan di laga tersebut membuat Marcus-Kevin harus rela di posisi runner-up Grup A untuk sementara waktu. Marcus-Kevin masih berpeluang jadi juara Grup dan lolos ke babak selanjutnya dengan 1 syarat yakni pebulutangkis India Rankireddy/ Chirag Shetty berhasil kalahkan wakil asal Inggris Ben Lane/ Sean Vendy.

Jika hal tersebut terjadi maka perolehan poin Marcus-Kevin sama dengan wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin karena sama-sama meraih 2 poin. Walau poin keduanya sama, Marcus-Kevin unggul dari Lee Yang/Wang Chi-Lin dari sisi game difference, maka bisa lolos ke babak selanjutnya.