Sosok dan Fakta Lengkap Penggagas Gerakan 'Jokowi End Game', Pakar Politik: Terindikasi Berasal dari Organisasi Terlarang

Sosok dan Fakta Lengkap Penggagas Gerakan 'Jokowi End Game', Pakar Politik: Terindikasi Berasal dari Organisasi Terlarang

Ahmad Diponegoro
2021-07-24 09:49:27
Sosok dan Fakta Lengkap Penggagas Gerakan 'Jokowi End Game', Pakar Politik: Terindikasi Berasal dari Organisasi Terlarang
Presiden Joko Widodo. Foto: Instagram/jokowi

Media sosial dihebohkan dengan sebuah ajakan untuk menggelar sebuah demonstrasi di tahun 2021 dengan sebuah poster bertuliskan 'Jokowi End Game'. Berikut sosok dan fakta penggagas gerakan tersebut.

Banyak kalangan yang menduga penggagas gerakan 'Jokowi End Game' untuk melengserkan Presiden Jokowi di tahun 2021 ini, menurut beberapa pakar politik terindikasi berasal dari organisasi terlarang di Indonesia.

Baca Juga:  Akun TikTok Pramugari Lion Air Prillia Berliani Ramai Difollow dan Dihujat Netizen

Kelompok non parlemen

Pakar politik sekaligus Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan sosok penggagas gerakan 'Jokowi End Game' berasal dari kalangan kelompok non parlemen yang selalu berkicau di media sosial yang sejak awal anti terhadap pemerintahan.

"Kelompok non parlemen yang sejak awal anti terhadap pemerintah menyalurkan aspirasi politik melalui media sosial," ujar Adi Prayitno dalam sebuah keterangan.

Selain itu, kelompok non parlemen yang menjadi sosok penggagas dari gerakan 'Jokowi End Game' tersebut menggulirkan propaganda dan membuat seolah-olah gerakan tersebut sangat besar. Meski faktanya, hanya sebuah gerakan yang kecil.

Sayangnya, Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno tidak memberitahu secara detai siapa sosok non parlemen yang menjadi penggagas gerakan 'Jokowi End Game' yang berusaha melengserkan Jokowi di tahun 2021. 

Masyarakat yang bersuara

Sosok penggagas gerakan 'Jokowi End Game' selanjutnya, menurut Pakar ilmu politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio berasal dari masyarakat yang bersuara soal kondisi terkini mereka akibat adanya penerapan PPKM. Terutama, dalam bidang ekonomi.

"Banyak kelompok masyarakat ingin bersuara mengungkapkan kekesalan dan keresahan," ucap Hendri Satrio dalam sebuah keterangan.


Baca Juga:  Fakta-Fakta Erick Thohir Minta Indra Rudiansyah, Mahasiswa Indonesia yang Naik Daun Akibat Jadi Tim Riset Vaksin AstraZaneca untuk Pulang

Organisasi terlarang

Seorang dosen ilmu komunikasi Universitas Indonesia atau UI, Ade Armando mencium adanya organisasi yang menjadi sosok penggagas gerakan 'Jokowi End Game'. Sayangnya, Ade Armando tidak mengungkapkan secara jelas soal siapa organisasi terlarang tersebut yang menjadi sosok penggagas gerakan 'Jokowi End Game'.

Alumni 212


Seorang netizen dengan akun Twitter @Tjhinfar21 membongkar sosok pengagas gerakan 'Jokowi End Game' yang rupanya merupakan alumni gerakan 212 lengkap dengan identitas pelaku.

“Mohon DivHumas_Polri bertindak tegas dan gerak cepat untuk memadamkan api provokator jangan sampe menyala besar baru bertindak !!! TANGKAP !!!,” cuit netizen Tjhinfar21, yang dilihat Correcto.id, Sabtu 24 Juli 2021.

Fakta penggagas gerakan 'Jokowi End Game' tersebut merupakan seorang warga Jakarta Timur bernama Achmad Sofian yang bekerja di salah satu gerai makanan di Soho Mall Jakarta Barat.


Share :