Anggota DPR RI Mukhtarudin Akui Ivermectin Bagus untuk Bantu Pasien Sembuh dari Covid-19

Anggota DPR RI Mukhtarudin Akui Ivermectin Bagus untuk Bantu Pasien Sembuh dari Covid-19

Foto
Anggota DPR RI Mukhtarudin

Ivermectin sebagai obat covid-19 tengah hangat diperbincangkan. Anggota DPR RI Mukhtarudin mengaku bahwa obat Ivermectin memang bagus untuk bantu pasien sembuh dari covid-19.  

Pengalaman Mukhtarudin konsumsi Ivermectin


Mukhtarudin Anggota DPR Komisi VI dari Fraksi Golkar pun angkat bicara. Dirinya menceritakan pengalamannya dalam menggunakan obat Ivermectin saat terinfeksi virus corona, covid-19.      

Mukhtarudin pernah terkonfirmasi positif Covid-19 pada 10 April 2021. Saat itu dirinya mengalami gejala ringan, tanpa batuk, tanpa sesak nafas, dan tanpa demam. Lalu, Mukhtarudin melakukan isolasi mandiri di RS Abdi Waluyo pada 11 April 2021.

Baca juga: Fakta-fakta Ivermectin, Sebuah Obat Terapi Corona yang Direstui oleh BPOM

Selama 13 hari di RS Abdi Waluyo, Mukhtarudin sempat mengalami kehilangan indera penciuman. Ia juga mendapat berbagai macam obat dari mulai multivitamin, antibiotik hingga Ivermectin. 

"Saat menerima obat Ivermectin, saya searching dulu obat apa ini? ternyata obat cacing dan saya konsumsi saja. Tentu dengan pengawasan dokter. Karena saya berpikiran mungkin ada bakteri atau virus yang ampuh dengan obat ini," ungkap Mukhtarudin (22/6/2021). 

Obat tersebut dikonsumsi oleh Mukhtarudin selama kurang lebih 5 hari saat dirawat di RS Abdi Waluyo.   

Mukhtarudin sembuh setelah konsumsi Ivermectin 


Terkait ramainya pro kontra terkait Ivermectin, Mukhtarudin meminta masyarakat untuk menghormati keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, berdasarkan pengalamannya sebagai orang yang pernah terkonfirmasi covid, Ivermectin dinilai ampuh untuk pasien covid-19.

"Pertama, kita menghormati keputusan BPOM sebagai lembaga yang relevan bahwa ini boleh digunakan untuk pengobatan covid. Yang kedua, tentu yang namanya dokter sudah memberikan resep itu pasti ada manfaat, terhadap yang saya derita dan saya mengkonsumsi Ivermecetin dan hampir OTG dan dikasih Ivermectin itu dan sembuh." Ujar Mukhtarudin. 

Penggunaan Ivermectin wajib resep dokter 


Dalam penggunaannya, Mukhtarudin meminta agar masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 bisa mengkonsumsi Ivermectin sebagai salah satu obat agar sembuh dari covid-19. Namun hal tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter dan tidak dapat dikonsumsi bebas. 

Selain dirinya, sejumlah teman-teman Mukhtarudin yang terkonfirmasi positif Covid-19, yang juga telah bertanya kepada dokter menyebut bahwa Ivermectin cukup efektif. Dengan tegas Mukhtarudin mengakui bahwa Ivermectin bagus untuk dikonsumsi pada pasien covid-19 sesuai anjuran dokter.   

"Ivermectin bagus kok, bagus-bagus," pungkasnya. 

Baca juga: Viral Video Seorang Pria Suaranya Mirip Presiden Jokowi, Netizen Auto Ngakak

Kontoversi Ivermectin dan penjelasan pakar


Ivermectin disebut sebagai salah satu obat yang cukup efektif membantu pasien sembuh dari ganasnya virus corona atau covid-19. Namun hal tersebut diperdebatkan sebagai alasan bahwa Ivermectin hakikatnya adalah obat cacing. Sejumlah pakar pun ikut memberikan pendapat terkait penggunaannya untuk pasien covid-19. 

"Ivermectin telah menunjukkan kemanjuran sebagai antivirus spektrum luas secara in vitro, dan dalam penelitian kami, tampaknya juga menunjukkan beberapa tingkat keefektifan pengobatan COVID-19 bagi manusia." Ungkap dr. Natalia Sisca Wijaya dan dr. Sidharta Salim, Sp.PD RS dalam tulisan ilmiah berjudul Ivermectin as a Potential Therapeutic Agent for COVID-19, pada tahun 2020.