Resmi, Sami Khedira Umumkan Pensiun

Resmi, Sami Khedira Umumkan Pensiun

Alpandi Pinem
2021-05-20 19:03:12
Resmi, Sami Khedira Umumkan Pensiun
Pesepakbola asal Jerman, Sami Khedira memutuskan pensiun sebagai pesepakbola profesional pada akhir musim ini.


Pesepakbola asal Jerman, Sami Khedira memutuskan pensiun sebagai pesepakbola profesional pada akhir musim ini. Khedira mengumumkan keputusannya tersebut melalui akun Instagram pribadinya hari ini.  Mantan gelandang bertahan Real Madrid dan Juventus tersebut mundur dari lapangan hijau di usia 34 tahun.

"Tepat 14 tahun lalu saat saya diizinkan merayakan kejuaraan bersama VfB Stuttgart. Itu adalah hari yang luar biasa, hari ini adalah hari yang sangat sulit bagi saya pribadi, karena karier sepakbola saya akan berakhir pada hari Sabtu sekitar pukul 17:15," tulis Khedira.

Dia pun menyatakan bahwa pensiun merupakan keputusan yang sulit baginya. Dia menyiratkan terpaksa mengambil keputusan tersebut karena masalah cedera yang terus menghantuinya.

Baca Juga: Fakta-fakta Kasus Eran Zahavi, Dikenal Sebagai Pesepak Bola Kontroversial hingga PSV Terbelah Dua

Dia menyatakan akan bersantai sejenak setelah mundur dari lapangan hijau. Dia memastikan akan tetap bergelut di dunia sepak bola meskipun belum memutuskan apakah akan menjadi pelatih atau berkiprah sebagai komentator.

"Ini langkah yang cukup sulit, dan sulit bagi saya untuk membicarakannya, tetapi ini keputusan yang tepat. Lima belas tahun dalam sepak bola profesional begitu membekas bagi saya, dan membuat saya jujur untuk menilai apa yang saya bisa, dan tidak bisa saya lakukan."

Baca Juga: Ini Kata Deschamps Usai Panggil Lagi Benzema ke Timnas Perancis

"Pertama-tama, saya ingin menjaga jarak dan bersantai. Saya akan bertahan dengan sepakbola, dalam bentuk apa itu masih harus dilihat," kata dia.

Khedira merupakan produk asli binaan Vfb Stuttgart. Dia bermain untuk klub itu selama enam musim sebelum akhirnya hengkang ke Real Madrid pada 2010. Lima musim di Real Madrid merupakan masa kejayaan Khedira karena dia berhasil meraih gelar juaraa Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa hingga Piala Dunia Antar Klub.

Setelah itu Khedira hengkang ke Juventus dan ikut serta mempersembahkan enam gelar juara Liga Italia Seri A plus tiga gelar juara Coppa Italia. Pada bursa transfer Januari lalu, Khedira pun memutuskan kembali ke Jerman untuk bermain bersama Hertha Berlin. Itu merupakan satu-satunya klub dimana Khedira tak memberikan gelar juara.

Baca Juga: Liverpool Rilis Jersey Kandang 2021-2022, Begini Penampakannya

Kiprahnya bersama Timnas Jerman juga cukup mentereng. Dia pernah membawa Timnas Jerman U-21 menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2009 dan puncaknya menjadi bagian dari Timnas Jerman senior yang menjuarai Piala Dunia 2014.

Sepanjang karirnya di level klub, Sami Khedira telah mencetak total 47 gol dari 469 laga. Gol terbanyak dia berikat kepada Juventus dengan 21 gol dalam enam musim.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30