9 Jenis Makanan Ini Ternyata Jadi Jajanan yang Sangat Diminati Anak Unpad di Jatinangor

9 Jenis Makanan Ini Ternyata Jadi Jajanan yang Sangat Diminati Anak Unpad di Jatinangor

Novi SN
2021-05-23 07:25:00
9 Jenis Makanan Ini Ternyata Jadi Jajanan yang Sangat Diminati Anak Unpad di Jatinangor
Gerbang Lama Unpad, pusat kuliner anak Unpad (Unpaders)

Di tahun 2006-2009, kawasan pendidikan Jatinangor mengalami perubahan fisik. Beberapa pembangunan, alih fungsi lahan, menjamurnya kost-an baru dari berbagai tipe, sampai menjamurnya warung makan yang menyajikan kuliner enak nan ramah kantong mahasiswa. Selain murah dan rasanya enak, porsi yang cukup besar pun menjadi salah satu daya tarik jajanan di Jatinangor yang cukup terkenal. 

Saat itu, bisnis kuliner menjadi yang terdepan setelah bisnis kontrakan untuk mahasiswa di wiliyah Jatinangor dan sekitarnya. Hampir setiap bulan ada saja warung makan baru dibuka dan menawarkan keragaman menu enak, murah, dan banyak.

Baca juga: Sosok dan Fakta Lengkap Ita Martadinata, Aktivis HAM Indonesia Jadi Korban Pemerkosaan Massal 1998

Berikut 9 jenis makanan yang jadi kuliner legenda yang disukai Anak Unpad

1. Soto Ayam

Soto Ayam ini dijajakan di sebuah warung makan dekat gerbang lama Unpad. Kuah sotonya yang segar dan porsinya yang banyak dengan harga cukup murah, menjadi daya tarik warung makan ini. Tidak heran jika warung ini selalu penuh. Selain soto, Es Teh di warung nasi ini juga sangat diminati oleh mahasiswa saat itu. Sayangnya, warung soto ini telah tutup pada 2013 silam karena dugaan penggunaan ayam tiren atau bangkai ayam sebagai salah satu bahannya.

2. Ayam Goreng Pedas (Ayam Merot)

Warung makan yang terletak di seberang Pangkalan Damri lama Jatinangor ini terkenal karena pedasnya. Warung ini memiliki tagline "jangan ngaku doyan pedas kalau belum coba sambal di sini". Sayangnya, kelezatan ayam bakar Merot tidak bisa kita rasakan lagi karena warung makan ini telah tutup beberapa tahun silam.

4. Lumpia Basah

Favorit anak Unpad selanjutnya adalah lumpia basah. Terdapat dua penjual yang menjajakan lumpia basah dan rasanya nggak bisa dilupain anak Unpad. Lumpia basah Gerbang Lama dan Lumpia Basah Aa Puloh. Sampai kini, jajanan ini masih eksis di Jatinangor tercinta dan penjualnya pun masih sama. Rindu dengan jajanan ini? Yuk ke Jatinangor!

5. Nasi Kornet

Anak Unpad pasti ingat dengan nasi kornet. Disajikan di atas nasi panas, kornet, telur dan sosis dimasak dengan saos sambal, kecap, dan bumbu unik ini cukup membuat perut kenyang. Biasanya, mahasiswa harus mengantri membeli nasi kornet ini. Selama mengantri, banyak mahasiswa yang memanfaatkan kesempatan untuk mencari pasangan dari jurusan atau fakultas yang berbeda.

6. Juice dan Sop Buah

Berdiri di depan sebuah penginapan kawasan Caringin, Jatinangor. Wiscar menawarkan juice dan sop buah segar bagi anak Unpad dan mahasiswa di Jatinangor. Konsep jajanan sehat diusung oleh warung ini. Anak Unpad pasti ketagihan menyantap potongan buah yang cukup besar dan diberi saus berbahan dasar juice.

Baca juga: Jatos Alias Jatinangor Town Square, Titik Awal Jatinangor Menuju Kota Metropolitan

7. Ayam Pop

Salah satu menu paling digemari anak Unpad di kawasan GKPN adalah ayam pop. Gurih bumbu yang meresap dan tulang lunak ayam yang bikin ketagihan siapapun yang menyantapnya.

8. Seafood

Warung seafood ini dibuka di kawasan Ciseke Besar. Antusiasme mahasiswa yang sangat tinggi membuat pemilik warung membuka cabang di beberapa tempat di wilayah Jatinangor seperti di Sayang. Menu favoritnya adalah Cumi bumbu Padang. Sensasi pedasnya susah dilupain anak Unpad.

9. Warung Nasi Padang

Warung nasi yang terletak di kiri Gerbang Lama Unpad ini penyelamat para mahasiswa ketika tanggal tua atau di kala dompet sedang kritis. Pemilik warung ini memperbolehkan mahasiswa memesan nasi dengan dibumbui kuah padang atau bumbu rendangnya saja. Tidak sedikit mahasiswa yang mengaku diberi "hadiah" telur dadar oleh Uda warung nasi ini. Pernah mengalaminya?


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30