Ini Daftar Lengkap Satu Negara yang Pernah Bertemu di Final Liga Champions

Ini Daftar Lengkap Satu Negara yang Pernah Bertemu di Final Liga Champions

Foto
Liga Champions (Istimewa)


Partai final Liga Champions kembali akan mempertemukan tim dari satu negara yakni Manchester City dan Chelsea, yang sama-sama mewakili Liga Primer Inggris, akan bertemu di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, dinihari WIB, 29 Mei 2021.

Kedua tim lolos ke final setelah City berhasil menaklukkan PSG 2-1, di leg pertama dan leh kedua mereka kembali menang 2-0 atas wakil asal Prancis ini, sedangkan Chelsea 1-1 di leg pertama, dan di leg kedua mereka mengalahkan Madrid 2-0.

Laga final yang mempertemukan dua tim dari satu negara semacam ini merupakan kali kelapan sepanjang sejarah Liga Champions. Bukan cuma Inggris, beberapa kompetisi juga pernah mengalaminya, seperti La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, dan Seri A Italia.

Berikut daftar laga final Liga Champions satu negara.

1. Final Liga Champions 1999/2000, Real Madrid 3-0 Valencia


Ini merupakan kali pertama final Piala/Liga Champions menghadirkan 'partai domestik. Saat itu gol-gol dari Fernando Morientes, Steve McManaman, dan Raúl González memastikan kemenangan telak tiga gol tanpa balas dari Real Madrid.

Baca Juga: Thomas Tuchel Ungkap Rahasia Mampu Singkirkan Real Madrid di Semifinal Liga Champions

2. Final Liga Champions 2002/2003, AC Milan 0-0 Juventus (Milan menang adu penalti 3-2)


Tiga dari empat slot semifinal saat itu dikuasai tim Italia, dengan satu tim lain adalah Inter Milan yang disisihkan AC Milan. Final berlangsung alot, sampai akhirnya sampai ke babak adu penalti.

Clarence Seedorf dan Kakha Kaladze gagal mengeksekusi buat Milan, tapi David Trezeguet, Marcelo Zalayeta, dan Paolo Montero juga tak kuasa melakukannya untuk Juve. Milan pun juara. Posisi domestik kedua tim: Juventus 1, Milan 3.

3. Final Liga Champions 2007/2008, Manchester United 1-1 Chelsea (MU menang adu penalti 6-5)


Cristiano Ronaldo membawa MU unggul, tapi Chelsea menyamakan skor lewat Frank Lampard. Drama bertambah intens usai Didier Drogba dikartu merah saat extra time.

Di adu penalti, Petr Cech menggagalkan sepakan Ronaldo. Tapi kegagalan John Terry, yang dilanjutkan penyelamatan Edwin van der Sar terhadap sepakan Nicolas Anelka, pada akhirnya bikin MU yang jadi jawara di final Liga Champions ini. Posisi domestik kedua tim: Man United 1, Chelsea 2.

Baca Juga: Hanya Butuh 1 Gol, Cristiano Ronaldo Akan Punya Rekor Baru Ini

4. Final Liga Champions 2012/2013, Bayern Munich 2-1 Borussia Dortmund


Mario Mandžukić membawa Bayern unggul lebih dulu, tapi gol penalti Ilkay Guendogan membuat skor imbang lagi. Arjen Robben lalu menjadi pahlawan kemenangan Bayern. Posisi domestik kedua tim: Bayern 1, Dortmund 2.

5. Final Liga Champions 2013/2014, Real Madrid 4-1 Atletico Madrid (extra time)


Diego Godin membawa Atletico memimpin, tapi gol injury time dari Sergio Ramos kembali 'menghidupkan' Real Madrid. Dapat momentum, El Real kemudian bikin gol dari Gareth Bale, Marcelo, dan Cristiano Ronaldo saat extra time.

Real Madrid juara dan mencapai La Decima -- gelar ke-10 di Piala/Liga Champions. Posisi domestik kedua tim: Madrid 2, Atlético 1.

Baca Juga: Didemo Fans, Avram Glazer Janji Akan Datangkan Harry Kane

6. Final Liga Champions 2015/2016, Real Madrid 1-1 Atlético Madrid (Real Madrid menang adu penalti 5-3)


Sergio Ramos membawa Real Madrid mengawali dengan oke lewa gol di menit ke-15. Atletico baru bisa merespons di menit ke-79 lewat pemain pengganti Yannick Carrasco. Laga sampai ke adu penalti. Sepakan Juanfran mengenai tiang, membuat Cristiano Ronaldo kemudian memastikan kemenangan Real Madrid. Posisi domestik kedua tim: Real Madrid 2, Atlético 3.

7. Final Liga Champions 2018/2019, Tottenham Hotspur 0-2 Liverpool


Mohamed Salah membawa Liverpool unggul cepat lewat titik putih, setelah handball Moussa Sissoko. Liverpool kemudian memantapkan kemenangan lewat gol pemain pengganti Divock Origi di menit ke-87. Posisi domestik kedua tim: Tottenham 4, Liverpool 2.