Makanan Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa Saat Pandemi

Makanan Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa Saat Pandemi

Foto
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Saat melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadan saat pandemi, tentu saja sangat diperlukan makanan sehat untuk sahur dan berbuka. 

Tidak hanya bernilai ibadah, makanan sehat untuk sahur dan makan sehat untuk berbuka puasa di bulan Ramadan 2021 di tengah pandemi Covid-19 sangat penting untuk menjaga imun tubuh.

Berikut tips makanan sehat untuk sahur dan makan sehat untuk berbuka puasa sebagai makanan sehat di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Arti Sebenarnya Mimpi Rayakan Lebaran Bersama Keluarga Menurut Islam

Dilansir dari Antara, Selasa 13 April 2021, seorang dokter spesialis Gizi RSUI, Wahyu Ika Wardhani menyarankan, sumber karbohidrat baik untuk sahur dan berbuka puasa diusahakan berupa karbohidrat yang kompleks.

Karbohidrat kompleks tersebut adalah, beras merah dan gandum.

Kemudian dokter spesialis gizi RSUI juga menyarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah sebagai makanan sehat untuk sahur dan makan sehat untuk berbuka puasa di bulan Ramadan saat pandemi.

Khusus makanan sehat untuk sahur, kata Wahyu Ika Wardhani, juga harus dengan lauk yang sangat kaya protein. Seperti ikan, ayam, dan telur.


Ika, sapaan Wahyu Ika Wardhani, juga memberikan tips soal makanan sehat untuk berbuka puasa sebaiknya tidak makan yang berlebihan, karena akan menyebabkan penyakit metabolik.

Kurma Baik Untuk Berbuka


Disarankan saat berbuka puasa, diawali dengan memakan kurma sebanyak tiga buah yang sangat mengandung serat yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Daftar Karya Seni di Jalanan Jakarta yang Harganya Fantastis, Terbaru Tugu Sepeda

Tidak kalah pentingnya, setiap kali selesai santap sahur dan berbuka puasa harus minum air yang cukup. Yakni, dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari dan dua gelas setelah makan sehat untuk sahur.  




Share to: