Daftar Karya Seni di Jalanan Jakarta yang Harganya Fantastis, Terbaru Tugu Sepeda

Daftar Karya Seni di Jalanan Jakarta yang Harganya Fantastis, Terbaru Tugu Sepeda

Foto
Kumpulan beberapa karya seni di jalanan Jakarta yang harganya fantastis.

Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah membangun karya seni di jalanan Jakarta dengan harga yang fantastis. Mulai daru Bambu Getah Getih, Gabion, dan terbaru Tugu Sepeda Rp 800 juta.

Soal anggaran yang dikeluarkan dalam pembangunan Tugu Sepeda ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, anggaran untuk membuat karya seni di jalanan Jakarta ini sama sekali tidak membebankan APBD DKI Jakarta.

Melainkan, kata politikus Partai Gerindra ini membebankan pihak ketiga yakni swasta.


Dilain kesempatan, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, pembangunan Tugu Sepeda di Jakarta ini memiliki makna yang sangat banyak terutama bagi para pesepeda.

Tugu Sepeda Rp 800 juta ini berbentuk lingkaran dan menggambarkan corak roda sepeda.

Berikut ini daftar karya seni di jalanan Jakarta yang harganya fantastis.

1. Bambu Getah Getih


Bambu Getah Getih merupakan instalasi seni kebanggaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dipamerkan di bundaran HI sejak Agustus 2018 hingga 17 Juli 2019 karena telah rapuh.

Instalasi kebanggaan Anies Baswedan ini merupakan karya seniman Joko Avianto yang merupakan lulusan seni patung Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung atau ITB.

Bambu Getah Getih sendiri menghabiskan anggaran sebanyak Rp 550 juta yang berasal dari 10 BUMD DKI dengan sistem konsorium.

Instalasi Bambu Getah Getih selain menambah estetika wajah Jakarta, juga sebagai bentuk dari penyambutan Asian Games XVIII dan mempunyai filosofi persatuan. 

2. Gabion


Setelah Instalasi Bambu Getah Getih kemudian muncul Instalasi Gabion yang hanya bertahan selama 4 bulan yakni dari Agustus 20219 hingga Desember 2019.

Soal anggaran, Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan dana sebanyak Rp 150 juta untuk memasang instalasi yang berbahan batu karang. Dengan tujuan mempercantik wajah kota Jakarta.




Share to: