Cerita Misteri Makam Kemangi di Desa Jungsemi, dari Banyak Orang Tersesat hingga Pohon Misterius

Cerita Misteri Makam Kemangi di Desa Jungsemi, dari Banyak Orang Tersesat hingga Pohon Misterius

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-21 16:47:45
Cerita Misteri Makam Kemangi di Desa Jungsemi, dari Banyak Orang Tersesat hingga Pohon Misterius
Makam Kemangi (foto: Viva)

Makam Kemangi di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kendal memiliki banyak cerita misteri sulit diterima akal sehat. Seperti salah satunya banyak orang tersesat dan dikaitkan dengan keberadaan makam itu.

Di makam Kemangi itu juga terdapat sebatang pohon besar dan misterius yang sudah berusia ratusan tahun. Konon, pohon itu pernah tumbang diterpa angin kencang. Banyak warga yang menyaksikannya.

Baca Juga: Kisah Mistis Ical saat KKN Tinggal di Rumah Camat, Alami Berbagai Kejadian Horor ini

Keesokan harinya, warga berdatangan ke makam. Mereka berniat memangkas pohon yang tumbang tersebut. Agar tidak mengganggu areal makam.

Warga membawa alat seperti gergaji, kapak dan parang labung.  Tapi warga kaget, karena pohon itu justru kembali berdiri tegak. Kondisinya juga masih utuh.

Juru Kunci Makam Kemangi, Kiai Kasturi bercerita tentang keramatnya Makam Kemangi. Memang tak sedikit orang tersesat saat masuk Dukuh Srandu, Desa Jungsemi. 

“Mereka biasanya ditolong warga dan diantarkan sampai keluar jalan Desa Jungsemi,” ceritanya.

Menurutnya, mereka yang tersesat kemungkinan tidak tahu arah desa. Sehingga berputar-putar terus kembali di jalan yang sama. Atau kurang sopan santun sehingga disesatkan oleh jin. 

Baca Juga: Cerita Misteri Dua Pohon Randu Raksasa di Pemalang, Pernah Dahan Pohon Jatuh ke Tanah Keesokannya Kembali ke Batang

“Makanya saya pesan, kemana pun pergi, khususnya masuk Desa Jungsemi, harus dengan niatan baik,” ujarnya.

Makam tersebut dianggap warga sebagai makam keramat dan memiliki karomah tersendiri. Bahkan ia mengalami sendiri. Kala itu warga sedang membangun masjid, dirinya ditunjuk sebagai ketua panitia. Namun dalam pembangunan terkendala dana. 

Tiba-tiba ada seseorang datang ke rumahnya. Mengatakan bahwa ada kiriman semen satu truk. Namun truk tidak bisa masuk desa. Ia diminta mengambilnya. Padahal Kasturi merasa tidak pernah memesan semen. Terlebih dalam jumlah truk penuh hingga ratusan sak semen. 

“Saya kan cuma petani, dari mana saya dapat uang dan bisa pesan semen segitu banyak,” katanya.

Ia lantas meminta dua orang mengecek ke lokasi. Dengan diantarkan seseorang yang misterius tadi. Sesampainya di lokasi, pesanan semen tersebut atas nama Kiai Kasturi untuk pembangunan masjid Jungsemi. 

“Anehnya orang yang mengantar tadi menghilang, entah ke mana,” tandasnya. A

da juga cerita warga yang hilang. Saat ditemukan sudah meninggal. Jasadnya ditemukan di sekitar makam. Menurut Kasturi, itu adalah ulah jin. 

“Warga tersebut sebelum mati sempat hilang tenggelam di laut. Jasadnya ditemukan warga di sekitar makam,” tandasnya.

Wahyudi, warga Brangsong, mengaku pernah tersesat saat masuk di Jungsemi. Kala itu ia sedang meliput penemuan mayat atas kejadian orang hilang di Desa Jungsemi. Saat akan pulang, dirinya berjam-jam melewati di jalan yang sama. 

Baca Juga: Kisah Mistis Pengambilan Keris di Perbukitan Purworejo, Tiba-tiba Siluman Naga Muncul Sebesar Dua Pohon Kelapa

“Menurut saya, jalannya sudah benar. Tapi saat belok, tiba-tiba kembali di titik yang sama. Terus seperti itu hingga berkali-kali. Saat itulah saya sadar, jika saya sedang tersesat,” katanya. 

Ia pun lantas bertanya pada salah seorang warga. Oleh warga, dia diantar sampai keluar jalan desa. “Itu pengalaman di Makam Kemangi,” tambahnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30