Cerita Misteri Sosok Nini Kerangen Penunggu Hutan di Karo

Cerita Misteri Sosok Nini Kerangen Penunggu Hutan di Karo

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-16 22:29:35
Cerita Misteri Sosok Nini Kerangen Penunggu Hutan di Karo
Ilustrasi Nini Kerangen (foto: internet)

Selain begu ganjang ada juga sosok makhluk gaib di Kabupaten Karo, Sumatera Utara cukup begitu populer dan menjadi cerita misteri. Nini Kerangen namanya, bila artikan Nini seseorang yang sangat tua, sedang kerangen artinya hutan.

Sosoknya dipercaya tinggalnya di hutan dan hantu ini hanya akan mengganggu seseorang yang melakukan hal yang tidak sopan di hutan. Begu ini sering juga disebut sebagai umang. 

Baca Juga: Kisah Misteri Setan Sungsang dari Banten, Hantu Telanjang Pemburu Keperjakaan

Apabila seseorang memasuki hutan yang dijaganya dan melakukan tindakan yang dipandang kurang sopan seperti bicara kotor, buang air sembarangan, atau pun melakukan tindakan asusila lainnya, hantu ini akan segera bertindak.

Konon, orang yang dimurkainya akan "iliwer" atau dibuat tersesat tanpa arah. Begu ini akan terus-terusan menahan orang tersebut dengan terus mengembalikannya ke tempat semula ia berbuat "pelanggaran", sekeras apa pun usahanya keluar meninggalkan hutan tersebut. Akibatnya orang tersebut tak akan bisa keluar dari hutan tersebut.

Baca Juga: Cerita Misteri Batu Kepala Kerbau di Masjid Jami Air Tiris yang Sering Berpindah-pindah

Selain itu, dalam beberapa kasus si pelaku tetap akan diizinkan pulang. Namun, tendi atau rohnya itaban atau ditahan oleh Nini. Akibatnya, orang tersebut akan mengalami sakit keras atau bisa juga mengalami gangguan kejiwaan. 

Baca Juga: Penemuan Tengkorak Manusia di Sukabumi Menyisakan Cerita Mistis, Sang Arwah Beri Petunjuk Agar Jasad Disempurnakan

Tetapi dalam kasus ini, begu ini termasuk masih menghukum dengan "lembut" karena ia masih bisa disembuhkan oleh suhu atau dukun dengan cara melepas seekor ayam pegengen atau ayam hitam sebagai pengganti orang tersebut dan juga melakukan upacara Releng Tendi (pemanggilan kembali roh), dan orang tersebut akan sembuh perlahan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30