Jenis-jenis Katak dan Kodok Dapat Dipelihara, Unik dan Lucu

Jenis-jenis Katak dan Kodok Dapat Dipelihara, Unik dan Lucu

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-15 19:13:08
Jenis-jenis Katak dan Kodok Dapat Dipelihara, Unik dan Lucu
Kodok Bangkong Bertanduk (foto: dictio.id)

Kodok dan katak memiliki banyak jenis namun beberapa diantaranya dapat dijadikan hewan peliharaan lho. Selain terlihat unik, kodok dan katak kali ini terlihat menggemaskan dan lucu.

Perlu diketahui, kodok dan katak itu berbeda. Kodok umumnya memiliki kulit yang kering, kasar, dan berbintil-bintil. Sedangkan kulit katak cenderung lebih mulus dan licin serta tampak basah. 

Langsung saja, berikut jenis-jenis katak dan kodok unik dan lucu dapat dipelihara:

1. Kodok Dwarf Afrika

(foto: animalthai.com)

Buat kamu yang benar-benar pemula, kodok kerdil Afrika atau Dwarf ini sangat cocok dijadikan peliharaan. Katak ini apat menjadi contoh yang baik dari hewan peliharaan air yang indah. Karena mereka menghadapi penurunan populasi di alam liar terutama sebagai akibat dari aktivitas manusia. 

Jadi kamu bisa mengulurkan tangan membantu dengan benar-benar mengambil katak ini sebagai hewan peliharaan dan merawat mereka.

2. Katak Bullfrog

(foto: bebeja.com)

Katak Lembu atau merupakan jenis kodok  yang berciri tubuh besar, agresif, dan bersuara besar.  Umumnya, jenis kodok ini kulit atasnya ditemukan berwarna hijau daun dan kadang berkombinasi dengan warna cokelat keabu-abuan. Sedangkan, kulit bagian bawahnya biasanya berwarna putih, kuning, atau abu-abu.

3. Katak Pohon Bergaris

(foto: jatenglive.com)

Katak ini berukuran ramping, dan sedang. Kulit punggungnya halus, tanpa lipatan dan tonjolan. warnanya berubah-ubah, ada yang cokelat kekuningan, keabu-abuan, sampai pucat keputihan. 

4. Kodok Bangkong Bertanduk

(foto: dictio.id)

Kodok yang satu ini bertubuh pendek agak gendut, berkepala besar dengan runcingan kulit di atas kedua mata dan di ujung moncong. Ukuran tubuh umumnya sedang sampai besar, 60-95 mm. Lucu banget kan lihat katak bertanduk gini? Hehehhe

5. Kodok  Kongkang Gading

(foto: Wikipedia)

Kodok ini ramping dan berwarna hijau zaitun, hijau lumut atau hijau muda di punggungnya. Tangan dan kaki berwarna kuning coklat muda, dengan coreng-coreng terutama pada paha. Sisi bawah tubuh berwarna putih. Kulit licin dan halus. Kodok jantan sekitar 30-45 mm, dan yang betina 50-75 mm. 

Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah subtropis atau tropis, hutan pegunungan tropis subtropis atau tropis, danau air tawar, danau air tawar intermiten, rawa air tawar, rawa air tawar intermiten, kebun pedesaan, bekas hutan terdegradasi, lahan irigasi, lahan pertanian.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24