Daftar Tanaman Hias Cantik Mempesona Dapat Jadi Obat Herbal

Daftar Tanaman Hias Cantik Mempesona Dapat Jadi Obat Herbal

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-10 19:51:52
Daftar Tanaman Hias Cantik Mempesona Dapat Jadi Obat Herbal
Tanaman Hias Kamomil (foto: klikdokter.com)

Di masa pandemi ini, tanaman hias terlihat begitu populer karena dipercaya ampuh mengatasi stres saat harus lebih banyak berdiam di rumah. 

Dari banyaknya tanaman hias cantik dan mempesona, ada beberapa dapat dijadikan menjadi obat herbal. Hal ini pasti selain membuat rumah kamu indah, juga membuat diri kamu dikelilingi dengan obat-obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut daftar tanaman hias cantik dan mempesona dapat dijadikan obat herbal:

Baca Juga: Deretan Tanaman Hias Media Air Cocok Percantik Meja Kerja

1. Calendula

(foto: merdeka.com)

Tanaman hias bunga calendula tampil menawan dengan warna kuning cerah. Bunga ini cocok buat ditanaman di halaman maupun dalam pot.

Calendula yang juga dikenal dengan nama pot marigold ini selama lebih dari 100 tahun menjadi sahabat bagi anti-septik, anti-jamur, dan penyembuh luka. Kelopaknya juga mempunyai fungsi untuk menenangkan kulit, serta telah banyak digunakan sebagai bahan di berbagai produk kosmetik dan krim popok.

2. Rosemary

(foto: Wikipedia)

Rosemary adalah tanaman penambah semangat yang bagus. Ramuan atau campuran dari tanaman ini merangsang energi dan optimisme, serta mempertajam ingatan dan konsentrasi dengan membawa lebih banyak oksigen ke otak.

Tanaman hias ini pun menjadi alternatif kafein yang bagus. Menariknya lagi, rosemary bisa mudah tumbuh di halaman maupun pot, asal diberi perawatan yang tepat.

Baca Juga: Selain Cantik, Berbagai Tanaman Hias ini Dapat Mengatasi Kulit Kering

3. Kamomil

(foto: Klik Hijau)

Chamomile atau kamomil aromanya lembut dan sedikit mirip apel. Tanaman ini mampu tumbuh hingga setinggi 15 sampai 60 cm. Bunganya berwarna putih kuning, dengan daun panjang yang kecil.

NCCIHTrusted Source melaporkan bahwa kamomil menjadi salah satu obat herbal terbaik untuk mengobati sakit perut, sistem saraf, infeksi, dan gangguan perut pada anak.

4. Lavender

(foto: gardendesign.com)

Selain terkenal dengan aroma khasnya, tanaman hias bunga lavender memiliki manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan sejumlah studi, tanaman hias ini disebut dapat menjadi anti-depresan ringan, yang juga baik untuk sistem saraf.

Tambahkan minyak lavender dalam campuran air untuk mandi. Ini bisa membantu mengurangi stres dan insomnia.

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Dapat Membuat Ruangan Rumah Harum, Salah Satunya Sweet Alyssum

5. Lemon Balm

(foto: feastandfarm.com)

Daun dan bunga lemon balm yang beraroma wangi mengandung minyak hingga tanin yang memiliki efek menenangkan dan anti-spasmodik pada perut dan sistem saraf. Menurut penelitian, ini dapat membantu menghadapi beberapa virus seperti herpes simpleks apabila digunakan secara topikal.

Lemon balm rasanya juga enak, ketika dijadikan campuran teh dengan bahan dasar gliserin. Jika dijadikan campuran obat herbal kering, sebaiknya jangan disimpan terlalu lama. Sebab, fungsinya bisa menurun.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30