Ciri-Ciri Gejala Long Covid yang Diderita Para Penyintas Corona di RI, Mayoritas Mengalami Kelelahan

Ciri-Ciri Gejala Long Covid yang Diderita Para Penyintas Corona di RI, Mayoritas Mengalami Kelelahan

Foto
Ciri-ciri gejala long Covid yang diderita para penyintas corona di RI, mayoritas mengalami kelelahan. Ilustrasi. Foto: Pixabay

Ciri-ciri gejala long Covid yang diderita para penyintas corona di RI, mayoritas mengalami kelelahan.

Pernyataan tersebut merupakan hasil dari studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia atau FKUI dan Rumah Sakit Persahabatan yang melakukan survei online kepada 463 para penyintas Covid-19 yang diakibatkan virus corona di Indonesia. 

Hasilnya, sebanyak 63,5 persen responden mengalami long Covid.

Baca Juga: Profil dan Biodata Lengkap Agama Anindya Bakrie, Calon Ketua Kadin

Dilansir dari berbagai sumber, long Covid adalah gejala yang biasa muncul saat seseorang terpapar Covid-19 padahal sudah dinyatakan sembuh.

Diantara banyaknya gejala seperti muntah, diare, batuk, dan nyeri otot.

Baca Juga: Fakta Menarik Pertemuan Jokowi dan Amien Rais di Istana Negara, Saling Menghormati Meski Berseberangan

Gejala yang paling banyak dirasakan oleh mayoritas 63,5 persen responden mengalami long Covid hasil dari studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia atau FKUI dan Rumah Sakit Persahabatan adalah kelelahan dengan total nilai sebanyak 30,24 persen.

Lebih lanjut, menurut Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto yang merupakan bagian dari penelitian, menyebutkan, saat para penyintas corona yang masih merasakan gejala yang biasa ditemui pada pasien Covid-19 adalah segera konsultasi ke dokter agar dapat penanganan lanjutan.




Share to: