Cerita Misteri Amabie, Makhluk Mistis Mirip Duyung Mampu Menangkal Wabah dari Jepang

Cerita Misteri Amabie, Makhluk Mistis Mirip Duyung Mampu Menangkal Wabah dari Jepang

Foto
Ilustrasi (foto: nhk.or.jp)

Di Jepang ada cerita misteri lumayan unik. Cerita yang dimaksud tentang Amabie yang konon makhluk mistis penangkal wabah.

Amabie telah banyak dilupakan orang, terutama generasi baru. Ia termasuk yokai (makhluk mistis yang populer melalui cerita rakyat Jepang) pembawa keberuntungan yang pertama kali didokumentasikan pada 1846.

Syahdan, seorang petugas pemerintah sedang menyelidiki munculnya cahaya kehijauan yang misterius di perairan Provinsi Higo (kini Prefektur Kumamoto).

Baca Juga: Cerita Misteri Oiran Buchi, Konon Jembatan Paling Angker di Jepang

Saat sang petugas tiba di titik cahaya itu berasal, sesosok makhluk berkilauan berwarna hijau muncul dari laut.

Kulitnya bersisik bak ikan, rambutnya panjang bergelombang, kakinya tiga dan berbentuk menyerupai sirip, dan mulutnya adalah paruh.

Amabie memperkenalkan diri kepada pria tersebut dan memberikan dua nubuat: Jepang akan diberkahi dengan panen raya selama enam tahun berturut-turut, dan sebuah pandemi akan mengoyak negara tersebut.

Makhluk separuh manusia itu kemudian memberikan instruksi, untuk mencegah penyakit, orang-orang harus menggambar dirinya dan membagikan gambar tersebut kepada sebanyak mungkin orang-orang lain.

Baca Juga: Kisah Mistis Mahasiswa KKN di Malaysia, Mengaku Didorong Kuntilanak Berwajah Gosong

Pertemuan misterius ini dipublikasikan di koran lokal, dengan gambar Amabie di cetakan kayu. Sejak itu, sosok Amabie semakin tersebar ke seluruh Jepang.

Hingga 174 tahun terakhir, Amabie tak terdengar. Namun sejak virus corona merambah Jepang, sosoknya muncul kembali di media sosial, membawa harapan dari para penyebarnya supaya pandemi ini segera berakhir.

"Amabie dapat dilihat sebagai meme dari Zaman Edo (1603-1968)," kata Victoria Rahbar, lulusan Pusat Studi Asia Timur dari Universitas Stanford.

"Amabie meminta publik menggambarnya, lalu membuat gambar tersebut viral untuk mencegah wabah."

Menurut Google Trends, yokai mitos ini mulai muncul di awal Maret dan telah menyebar ke lima benua, berkat tagar #AMABIEchallange yang kini turut menyebar dalam bahasa Inggris.

Selain puluhan ribu lukisan, gambar, dan penafsiran personal sosok Amabie di Twitter dan Instagram, orang-orang di Jepang mulai menjual masker wajah dan cairan pembersih tangan dengan gambar Amabie.

Seorang ilustrator yang menggambar sosok Amabie di sisi sebuah truk mengunggah foto dan berkata, "Saya melakukan perjalanan ke seluruh negeri dengan barang-barang saya dan Amabie untuk mendoakan penyakit ini segera pergi."

Baca Juga: Misteri Penampakan Hantu Diduga Kuyang di Bontang Viral di Media Sosial

Satu lagi orang yang percaya Amabie membuat sushi dan biskuit dengan bentuk makhluk tersebut.

Yokai itu juga dibordir ke kain, digambar di balon udara, dan tersedia dalam bentuk liontin di dalam gachapon (mesin kapsul Jepang).

Beberapa bahkan mendandani hewan peliharaan mereka dengan kostum Amabie.

Meskipun yokai juga bisa berarti monster atau setan, yokai satu ini dicintai rakyat Jepang, terlebih di hari-hari ini. Beberapa yokai, seperti Amabie, dipercaya memiliki kekuatan yang penuh kebajikan.

Sementara sejumlah yokai lain adalah pengubah bentuk dan biasanya diceritakan dengan latar kisah yang luar biasa rumit.



Tag :

Cerita MisteriCerita MistisAmabieMakhluk GaibMakhluk MistisJepang

Artikel Terkait :

  • Video Seorang Konten Kreator TikTok Mirip Anies Baswedan Viral di Media Sosial

  • Detik-detik YouTuber Ria Ricis Jatuh saat Berkuda, Sampai Terjungkal

  • Mengenal Sosok Soesilo Toer, Pemulung Bergelar Doktor dari Rusia Adik Novelis Pramudya Ananta Toer

  • Cerita Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Penuh Keseruan


  • Share to: