Deretan Tanaman Hias Dapat Melindungi Rumah dari Rayap, Salah Satunya Rumput Vetiver

Deretan Tanaman Hias Dapat Melindungi Rumah dari Rayap, Salah Satunya Rumput Vetiver

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-01 18:30:00
Deretan Tanaman Hias Dapat Melindungi Rumah dari Rayap, Salah Satunya Rumput Vetiver
Aster (foto: almanac.com)

Tidak dapat dipungkiri tanaman hias sangat ngetren di masa pandemi ini. Hal ini dikarenakan tanaman hias dapat mengobati kejenuhan bahkan dapat memperindah rumah.

Ternyata beberapa tanaman hias punya banyak manfaat bagi rumah, seperti melindungi rumah dari rayap. 

Rayap atau inai-inai adalah hama kecil yang bisa menyebabkan rumah jadi rusak parah, terutama di bagian-bagian yang terbuat dari kayu. Rayap bisa memakan hampir semua hal yang bisa menopang rumah. Karena itu, rayap bisa menimbulkan kerugian secara ekonomis.

Nah, mau tahu tanaman hias apa saja yang dapat melindungi rumah dari rayab. Yuk, langsung saja simak berikut ini:

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Dipercaya Bawa Sial ke Rumah, Salah Satunya Kaktus

1. Rumput Vetiver


(foto: Tokopedia)

Tanaman hias yang pertama mampu melindungi rumah dari rayab ialah Rumput Vetiver. Rumput vetiver memiliki kandungan senyawa kimia yang biasa disebut nootkatone. Senyawa ini mampu menangkal rayap serta berbagai macam hama lainnya secara alami.

Jika ingin dengan mudah mengusir rayap, kamu bisa tanam rumput vetiver di sekitar area rumah yang sudah dipenuhi rayap. Ketika ditanam, rayap akan segera pergi meninggalkan area itu.

2. Catnip

(foto: rzksenpai.blogspot.com)

Dilansir laman Southern Perimeter, catnip adalah tanaman yang bisa mengusir serangga secara alami. Tentunya, tanaman hias catnip juga akan mengusir rayap dengan baik.

Ada banyak cara untuk menggunakan catnip dalam pengusiran rayap. Salah satunya adalah dengan menanam catnip di sekitar area yang terinfeksi rayap. Cara efektif lainnya adalah dengan mengoleskan minyak esensial beraroma catnip ke area yang terkena rayap.

3. Mint

(foto: AboutnuyLove)

Daun mint adalah salah satu pestisida alami yang bisa mengusir rayap. Bahkan permen dengan rasa mint pun memiliki aroma yang kuat. Dengan begitu, rayap tentu akan kewalahan menghadapinya.

Mint dapat digunakan untuk mengusir rayap secara efektif, dan bukan dari bahan kimia yang berbahaya. Kamu bisa menanam pohon mint di sekitar rumah untuk mendapatkan bantuan pengusiran rayap.

Baca Juga: Ternyata 8 Bunga Ini Bisa Dimakan dan Punya Manfaat untuk Kesehatan Lho, Sudah Tahu?

4. Geranium

(foto: barmalin)

Sesuai dengan namanya, tanaman geranium bisa membawa aroma menyenangkan bagi manusia dan beberapa predator pada rumah. Karena aromanya, tanaman ini bisa menarik laba-laba, belalang, kepik, lipan, dan sebagainya.

Tanaman ini tidak secara langsung dapat mengusir rayap. Oleh karena itu, saat para predator berkumpul, rayap bisa pergi dari area rumah kamu agar tidak dibunuh oleh predator yang datang.

5. Aster

(foto: almanac.com)

Serupa dengan geranium beraroma, aster juga merupakan salah satu tanaman yang bisa mengundang perhatian para predator. Saat mengeluarkan aroma, predator rayap seperti lipan dan belalang sembah akan muncul.

Saat para predator muncul, satu-satunya jalan bagi rayap adalah dengan pindah ke tempat lain agar tidak dimangsa. Untuk menggunakan aster, Bunda cukup menanamnya di halaman atau taman rumah.

Baca Juga: Deretan Tanam Hias Unik dan Cantik, Sudah Punya?

6. Marigold

(foto: winlyrung)

Tak hanya cantik, tanaman hias marigold juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengusir rayap nih, Bunda. Tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman tahunan.

Untuk menggunakan marigold sebagai pengendali hama, kamu bisa menanamnya di sekitar area rumah yang mengalami kerusakan akibat rayap. Tanaman warna-warni ini bisa menambah keindahan rumah sekaligus mengatasi masalah rayap.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30