Deretan Tempat Wisata Angker di Kalimantan, Ada Istana Kuyang

Deretan Tempat Wisata Angker di Kalimantan, Ada Istana Kuyang

Ekel Suranta Sembiring
2021-02-12 17:00:00
Deretan Tempat Wisata Angker di Kalimantan, Ada Istana Kuyang
Ilustrasi Tempat Angker (foto: beautynesia.id)

Kalimantan merupakan salah satu pulau yang berada di Indonesia yang terkenal dengan eksotisme hutannya. Dibalik itu, juga terkenal dengan destinasi wisata angker.

Beberapa lokasi di Kalimantan dicap angker karena dipercaya berpenghuni. Kabarnya juga telah beredar luas ke seluruh penjuru Indonesia.

Berikut tempat wisata angker di Kalimantan dikutip dari Channel YouTube Radius Kalbar:

Baca Juga: Daftar Lokasi Angker di Wonogiri, Pantai Sembakun-Gunung Pegat

1. Padang 12

Padang 12 adalah 'kota gaib' yang dipercaya masyarakat setempat sebagai kota yang memiliki peradaban yang lebih maju daripada manusia saat ini.

Bagi orang awam, wilayah yang terletak di antara Kecamatan Kendawang dan Pesaguan ini hanya tanah kosong seluas 12 kilometer persegi yang dipenuhi oleh pohon pinus dan ilalang layaknya sebuah padang rumput.

Namun, bagi mereka yang pernah melihat kota itu, wilayah ini tampak lebih bersih dan indah dibanding negara maju yang ada di belahan bumi manapun.

Rumah mewah dan kendaraan seperti mobil Ferrari dan motor Harley Davidson menjadi pemandangan yang biasa melintas di kota ini. Bahkan penduduknya pun memiliki pesawat pribadi maupun kapal pesiar.

Kabarnya orang yang menghuni tempat tersebut dinamakan orang kebenaran. Menurut masyarakat, mereka adalah jin muslim yang taat beribadah.

Baca Juga: Cerita Misteri Rel Bengkong Solo, Konon Ada Sosok Hitam Berbulu

2. Saranjana

Meskipun secara administratif di dunia nyata kota tersebut berada di wilayah Kabupaten Kotabaru, tetapi dalam peta kota itu tak pernah ada.

“Menurut masyarakat setempat, tempat ini hanya bisa didatangi oleh orang-orang pintar saja," ungkap channel YouTube Radius Kalbar dalam tayangan videonya.

Meski tak ada di dalam peta, tapi masyarakat setempat mempercayai kota tersebut berada di sebuah pulau. Pulau bernama Pulau Laut, dimana ibu kota Kabupaten Kotabaru berada. Jika Anda mencarinya di peta modern Indonesia, Pulau Laut ini nyaris tidak terlihat lantaran ukurannya yang kecil. Tempat tersebut sangat cantik dan masih perawan namun sayang tak ada yang menghuninya.

Konon kabarnya, Saranjana dihuni oleh makhluk tidak kasat mata alias makhluk astral yaitu jin muslim.

Tetapi, ada juga yang menyatakan bahwa kota ini dihuni oleh manusia yang telah menjadi makhluk gaib. Selain itu ada sejumlah orang yang mengaku pernah melihat dan pergi kota ini. Menurut cerita, Kota Saranjana sangat maju. Banyak gedung-gedung tinggi dan jalan besar. Penduduknya juga sangat kaya dan hidup makmur.

3. Sungai Kunjang

Sungai Kunjang merupakan sebuah sungai yang terletak di Samarinda, Kalimanta Timur. Konon, sungai ini dipercaya masyarakat sering berkeliaran sosok kuyang. Tak hanya di pinggir sungai, kuyang juga mampu menyambangi rumah warga.

Penampakan kuyang bukan pertama kali terjadi di Sungai Kunjang, khususnya di Kelurahan Teluk Lerong Ulu. Beberapa tahun lalu, tepatnya di bulan Februari 2017 penampakan hantu kuyang sempat terjadi, namun isu itu meredam dengan sendirinya.

Baca Juga: Cerita Mistis Tunggul Ulin di Sungai Banyiur, Konon Dihuni Sosok Misterius ini

4. Sungai Belayan

Sungai Belayan adalah sungai di Kalimantan, khususnya provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sungai ini merupakan anak sungai dari Sungai Mahakam. Konon tempat ini adalah tempat tinggal hantu kuyang. Kuyang memang bisa ditemukan hampir di seluruh Indonesia, misalnya di Kalimantan, Bali dan Sumatera Barat. Namun, Kalimantan Timur menjadi provinsi yang paling banyak ditemukan kuyang. Biasanya mereka terlihat di pinggiran Sungai Belayan, Kutai Kartanegara, dan Kecamatan Pasir Belengkong.

Dilansir dari Fenomena Alam, kuyang berbentuk kepala perempuan berambut panjang yang hanya memiliki organ dalam tanpa tubuh atau tulang. Cara kuyang berpindah tempat adalah dengan melayang. Kuyang bisa bertahan hidup dengan cara mencari tumbal. Tumbal yang ditangkapnya akan dihisap darahnya sampai lemas.

Biasanya darah yang dihisap kuyang adalah perempuan hamil atau yang baru saja melahirkan, bayi dan bahkan mayat bayi yang baru saja dimakamkan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30