Berbagai Tanaman Hias Merambat Cantik Tidak Butuh Perawatan Ekstra

Berbagai Tanaman Hias Merambat Cantik Tidak Butuh Perawatan Ekstra

Ekel Suranta Sembiring
2021-02-10 15:35:19
Berbagai Tanaman Hias Merambat Cantik Tidak Butuh Perawatan Ekstra
Tanaman Hias Merambat Kembang Telang (foto: theasianparent.com)

Tanaman Hias merambat merupakan tanaman hias yang tidak kalah menarik dengan tanaman hias lainnya. Pasalnya, tanaman hias ini juga memiliki daun indah dan menarik.

Tanaman hias merambat memiliki banyak jenis. Tapi tidak semua diantaranya mudah dirawat. Nah, kali ini kita akan bahas beberapa tanaman hias merambat yang mudah dirawat.

Berikut tanaman hias merambat cantik tidak butuh perawatan ekstra:

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Alocasia Sedang Populer di Pasaran

1. Kembang Telang

(foto: greeners.co)

Tanaman hias kembang telang ini memiliki bunga berwarna biru dan ungu terang membuatnya banyak ditanam di pekarangan rumah. 

Tanaman kembang telang dapat mencapai panjang sampai 3 meter, dengan masing-masing sulur (batang panjat) 30 cm - 2,5 meter.

Selain sebagai dekorasi taman, tanaman ini juga memiliki manfaat pertanian dan khasiat medis berdasarkan sejumlah penelitian.

2. Sirih Gading

(foto: Popbela.com)

Selain populer, tanaman ini dapat memberikan kesan lebih hidup pada ruangan. Perawatan sirih gading pun tergolong sangat mudah sehingga sangat cocok untuk pemula. 

Tanaman hias sirih gading dapat tumbuh subur dalam cahaya terang namun tidak terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat daunnya kering.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Cocok untuk Dekorasi Pelaminan yang Penuh Makna

3. English Ivy

(foto: Kompas.com)

Tanaman ini tergolong tanaman hias merambat terbaik lantaran kuat dan mampu beradaptasi dalam beragam kondisi, tanpa bantuan manusia sekalipun.

Tanaman ivy menyukai tempat dengan cahaya redup, sehingga banyak dijadikan sebagai hiasan di kamar mandi. Dengan perawatan sederhana, tanaman ivy bisa tumbuh merambat mencapai panjang 30 meter.

4. Heartleaf Philodendron

(foto: laidbackgardener.blog)

Tanaman hias gantung dan merambat ini bisa diletakkan di dalam ruangan. Ini lantaran Heartleaf Philodendron mampu bertahan hidup dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Tanaman yang masih dalam kerabat Araceae ini tergolong cepat sekali tumbuh dan mencapai panjang 3-6 meter. Daunnya hijau tua mengilap berbentuk hati dengan rata-rata panjang 30 cm. Cukup besar untuk ukuran daun tanaman rambat.

Anda bisa menggantungnya di pot keranjang, kemudian letakkan tiang lumut di tengah-tengah supaya pertumbuhan philodendron ini menjalar.

5. Syngonium

(foto: Tokopedia)

Sering disebut juga tanaman Arrowhead, ini merupakan tanaman hias rambat terbaik untuk dalam ruangan. Daunnya lebat, berukuran cukup besar, dan berbentuk kepala panah.

Pencinta tanaman hias biasa menjadikan tanaman ini sebagai hiasan gantung yang menjuntai. Sementara jika tak terlalu banyak dipangkas, syngoniumlama-kelamaan dapat tumbuh merambat.

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Bunga Berwarna Biru, Cantik Banget!

6. Antigonon

(foto: toothmountainnursery.com)

Sering disebut tanaman air mata pengantin, tanaman rambat ini memiliki khas dengan warna bunga merah jambu keunguan.

Tanaman hias ini tergolong cepat. Air mata pengantin dapat tumbuh di pekarangan atau kebun hingga 6 meter, sedangkan di alam liar tingginya mencapai 9-12 meter dalam waktu 2-5 tahun.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30