Kisah Misteri Jiangshi, Hantu Cina yang Legendaris

Kisah Misteri Jiangshi, Hantu Cina yang Legendaris

Ekel Suranta Sembiring
2021-02-04 23:08:53
Kisah Misteri Jiangshi, Hantu Cina yang Legendaris
Hantu Jiangshi (foto: brilio.net)

Di Cina terdapat cebuah cerita misteri tentang hantu Jiangshi. Vampir legendaris ini nyaris terkenal ke seluruh penjuru benua.

Jiangshi kerap digambarkan sebagai mayat yang kembali hidup, berburu, dan menginfeksi manusia sejak ribuan tahun lalu. Dalam berburu, mereka bukan menghisap darah melainkan "qi" atau energi kehidupan manusia yang hidup.

Baca Juga: Cerita Misteri Wendigo, Makhluk Jahat Pemangsa Daging Manusia di Amerika

Selain 'makanan', hal yang membedakan jiangshi dengan drakula adalah cara mereka menjelajah. Bila drakula mampu berjalan dan terbang, jiangshi memilih melompat-lompat.

Berdasarkan mitologi China, kisah Jiangshi atau yang lebih sering disebut vampir China ini sudah dimulai lebih dari 2.000 tahun lalu.

Baca Juga: Cerita Misteri Nenek Kebayan, Sosok Hantu yang Melegenda di Malaysia

Kala itu, China masih belum bersatu dan kaisar pertama China, Qin Shi Huang, sedang sibuk menaklukkan negara-negara di sekitar kerajaannya.

Penaklukan itu membuat banyak prajurit bepergian jauh dari rumah dan berada di garda terdepan untuk melawan pasukan Qin Shi Huang. Banyak dari mereka tewas dalam pertempuran.

Sayangnya, keluarga kala itu tak mampu membawa pulang jenazah para prajurit. Mereka kemudian dipercaya mendatangi pendeta Tao untuk melakukan ritual menghubungi tubuh dan jiwa orang yang telah meninggal supaya bisa kembali ke rumah.

Biasanya, pendeta Tao tersebut akan menuliskan mantra serta nama dan tanggal lahir di wajah mayat sehingga Jiangshi bisa kembali ke keluarga.

Baca Juga: Cerita Misteri Phi Pret, Konon Hantu yang Sering Datang ke Tempat Ibadah di Thailand

Karena telah meninggal, otot-otot prajurit tersebut telah kaku atau rigor mortis dan menyebabkan mereka berpindah tempat berbeda dengan manusia pada umumnya.

Namun apabila kertas mantra tersebut tercabut, Jiangshi bisa menjadi sangat berbahaya karena dapat membunuh makhluk hidup lainnya untuk menyerap qi manusia. Faktanya, arti harfiah dari Jiangshi adalah mayat kaku.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30